Demi Kelancaran Arus Mudik, PT KAI Larang Pegawai Ambil Cuti

Arus penumpang kereta api di stasiun Gubeng Surabaya.

Arus penumpang kereta api di stasiun Gubeng Surabaya.

Surabaya, Bhirawa
Ratusan ribu orang akan memadati stasiun kereta api, kesiapan dan kesigapan petugas KAI terus di tingkatkan untuk mengatur kelancaran arus mudik di stasiun. Seluruh pegawai yang terlibat dalam kelancaran mudik tidak di izinkan mengambil cuti pada lebaran, termasuk kesiapan sarana penunjangnya.
Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengungkapkan kesiapan petugas dan sarana penunjang telah sampai 98%. Seluruh pagawai diminta untuk tidak mengambil cuti dari lebaran sampai sesudah lebaran. Selain itu, perawatan sarana penunjang perlintasan kereta api akan terus di tingkatkan dan di perbaiki.
“Sesuai surat edaran dari Menteri Perhubungan bahwa untuk memperlancar arus mudik, semua pagawai di larang cuti demikian pula yang di sampaikan oleh Direktur Utama PT KAI (Persero), Edi Sukmoro, mengatakan bahwa seluruh pegawainya tidak boleh cuti pada Lebaran tahun ini. Hal itu sebagai salah satu upaya persiapan PT KAI dalam menghadapi arus mudik dan balik hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah,” terangnya, Senin (27/6) kemarin.
Untuk keamanan, PT KAI sebulan yang lalu telah melakukan inspeksi terhadap perlintasan kereta api yang berada di bawah tanggung jawab dari daop 8. Termasuk perbaikan palang pintu perlintasan yang di nilai kurang berfungsi secara maksimal.
“Kemarin kita udah menambah batu kerikil untuk menguatkan pondasi jalur kereta. Petugas pengawas jalur perlintasan juga mengecek dari scrub yang longgar untuk di kencangkan kembali. Perbaikan gerbong penumpang dengan pengecatan ulang, perbaikan sarana di dalam gerbong baik pendingin udara, saluran pembuangan air, dan tempat duduk. Semuanya di lakukan di Balai Yasa Gubeng,” tegasnya.
Lanjut Suprapto, untuk meningkatkan segi pelayanan KAI menggandeng komunitas pecinta KA untuk menjadi personel customer service mobile (CSM) di stasiun-stasiun. Selain itu, seluruh pegawai PT KAI juga disiagakan di posko stasiun untuk membantu memberikan pelayanan dan informasi bagi para penumpang.
“Bagi masyarakat penyandang difabel dan lansia, juga sudah disiapkan pelayanan khusus dan akan dibantu petugas PT KAI. Sehingga semua penumpang dapat terangkut pada musim Lebaran tahun 2016 baik untuk arus mudik maupun balik,” tutupnya. [wil]

Tags: