Demi Ketahanan Pangan, Kwartir Jatim Salurkan Bantuan Sembako

Kakak AR Purmadi

Surabaya, Bhirawa
Kini sebagaian besar Provinsi Jawa Timur telah dinyatakan sebagai zona merah. Bahkan tiga kota besar telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pandemi Virus Corona atau Covid-19 telah menimbulkan dampak besar dalam berbagai aspek, diantaranya dalam sisi ekonomi warga masyarakat.
Menurut Wakil Ketua Kwarda Jawa Timur, Kakak AR Purmadi, pihaknya merespons dampak pandemi, maka Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Senin (18/5) hari ini akan melaksanakan kegiatan Peduli Pandemi Covid-19. Bentuk kegiatannya berupa pemberian bantuan kepada warga di Jawa Timur melalui Kwartir Cabang se-Jawa Timur.
‘’Bantuan yang akan diberikan berupa paket bahan makanan terdiri dari beras 5 Kg, gula pasir 1 Kg, minyak goreng 1 liter, sirup botol 1 liter, dan masker medis 1 unit. Pelaksanaannya dimulai pada April hingga Juni 2020. Waktunya beragam di Jawa Timur. Dan akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi Kwartir Cabang masing – masing,’’ jelas Kakak Purmadi, Minggu (17/5) kemarin.
Kak Purmadi menambahkan, penerima paket bahan makanan adalah masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dengan ekonomi menengah ke bawah, anggota Pramuka, pedagang kecil, tukang becak, tukang parkir, dan lain sebagainya. Juga untuk membantu pemerintah dalam hal ketahanan pangan bagi warga Jatim selama terjadinya pandemi Virus Corona.
‘’Nanti teknis pembagiannya akan tetap memperhatikan arahan dan protokol kesehatan dari pemerintah. Ada yang akan diberikan secara langsung. Ada pula yang berupa pengambilan kupon di cabang setempat,’’ tandasnya. [fen]

Tags: