Demokrat Jatim Keluarkan Rekomendasi Pilkada Pacitan di Injury Time

Surabaya, Bhirawa
Semakin dekatnya jadwal pelaksanaan Pilkada serentak di 19 kabupaten/kota di Jatim tahun 2020, Partai Demokrat dalam waktu dekat akan kembali mengeluarkan enam surat rekomendasi dukungan untuk pasangan calon yang maju di Pilkada serentak 9 Desember mendatang.
Bendahara DPP Partai Demokrat Renville membenarkan bahwa ada enam daerah di Jatim yang sedang didalami untuk segera diterbitkan surat rekomendasi dukungan Pilkada. Pendalaman itu diperlukan mengingat, pasangan calon yang akan diusung Partai Demokrat syarat dukungannya ada yang ditentukan oleh partai-partai lain karena harus berkoalisi.
“Keenam daerah yang akan segera diterbitkan surat rekomendasi dukungan Pilkada adalah Ponorogo, Trenggalek, Jember, Lamongan, Kab Malang dan Kabupaten Blitar. InsyaAllah kalau sudah final, tanggal 5 Agustus akan keluar rekomnya, tapi maaf nama-namanya masih kami rahasiakan,” kata Renville Antonio saat dikonfirmasi di Surabaya, Minggu (2/8).
Menurut pria yang juga Plt Ketua DPD PD Jatim, dari 19 kabupaten/kota di Jatim yang akan menggelar Pilkada serentak, partai berlambang Segitiga Mercy itu baru mengeluarkan 4 rekomendasi yakni Kabupaten Ngawi (Oni Anwar), Kabupaten Sumenep (Fattah Jasin), Kabupaten Mojokerto (Ibu Iktina) dan Kabupaten Gresik (Gus Yani).
“Keempat pasangan calon yang sudah kami rekomendasi itu kami yakni punya komitmen untuk membantu kemajuan daerahnya dan juga membesarkan Partai Demokrat di daerah masing-masing,” terang Renville.
Khusus untuk Kabupaten Pacitan yang memang Partai Demokrat bisa mengusung sendiri akan dikeluarkan surat rekomendasinya di injury time. Alasannya, kata Renville, pihaknya ingin membangun koalisi dengan partai-partai lain.
“Kita ingin membangun koalisi besar untuk Pilkada Kabupaten Pacitan, sehingga rekomendasinya akan dikeluakan terakhir. Namun untuk kabupaten/kota lainnya yang masih dalam penjajakan dan komunikasi intensif kami prediksi tanggal 12 Agustus sudah selesai semua,” beber mantan wakil ketua Komisi C DPRD Jatim ini.
Diakui Renville, dari 19 kabupaten/kota di Jatim yang menggelar Pilkada Serentak, Partai Demokrat hanya akan mengikuti di 18 daerah. Pasalnya, di Kota Pasuruan tidak memiliki satu pun kursi DPRD setempat.
“Dari 18 Pilkada di Jatim yang kita ikuti, Partai Demokrat menargetkan kemenangan di 14 sampai 15 daerah. Kita akan berjuang keras untuk menang karena ada 10 daerah dimana kader utama Demokrat ikut maju baik sebagai calon kepala daerah maupun calon wakil kepala daerah,” pungkas Renville. [geh]

Tags: