Depot Arsip Sidoarjo Mendesak untuk Dibangun

Drs Medi Yulianto MSi

Sidoarjo, Bhirawa
Pembangunan Depot Arsip di Kab Sidoarjo mendesak untuk dibangun. Sebab tempat penyimpanan arsip yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Sidoarjo sudah tak mampu menampung arsip – arsip dari OPD di Pemkab Sidoarjo.
Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Sidoarjo, Drs Medi Yulianto MSi, selain tak mampu menampung arsip – arsip dari OPD di Kab Sidoarjo, juga sesuai Perda Kearsipan tahun 2020, maka setelah dua tahun Perda ini ditetapkan, maka keberadaan Depot Arsip harus sudah dibangun.
“Nah, alasan kedua itu merupakan amanah dari Perda Kearsipan Nomor 1 tahun 2020 pasal 51,” katanya, Rabu (22/7) kemarin.
Sementara alasan yang pertama, kata Medi, karena di tempatnya tidak mampu lagi menampung arsip – arsip dari OPD di Pemkab Sidoarjo, beberapa tahun ini pihaknya harus menyewa gudang untuk menyimpan arsip di pergudangan save lock yang berada di kawasan Lingkar Timur Sidoarjo. Sehingga mantan Kadispendukcapil Kab Sidoarjo ini sangat berharap supaya proses hibah aset dengan BPN Sidoarjo bisa lancar dan ada hasil positip pada tahun 2020 ini juga.
“Kalau proses hibah dengan BPN Sidoarjo itu bisa ada hasilnya pada tahun 2020 ini, maka Depot arsip akan kita bangun di Kantor eks BPN Sidoarjo di Jl Jaksa Agung Suprapto itu,” kata Medi.
Semmentara lokasi di eks Kantor BPN Sidoarjo di Jl Jaksa Agung Suprapto itu termasuk ideal. Sebab berada di tengah kota. Sehingga apabila OPD akan mengirimkan arsip – arsip in aktifnya tidak sampai jauh – jauh lokasinya. Tetapi apabila sampai akhir tahun 2020 ini, proses hibah dengan pihak BPN tidak ada hasil positif, maka pada tahun 2021, Depot Arsip akan dibangun di kawasan Desa Kajeksan, Kec Tulangan.
Medi menegaskan, keberadaan Depot Arsip ini sudah cukup lama dinantikan pembangunannya di Kab Sidoarjo. Semoga pada tahun 2021 fasilitas penyimpanan arsip dari OPD di Kab Sidoarjo itu bisa terealisasi.
Informasi yang didapat, sewa gudang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sidoarjo di kawasan pergudangan save lock lingkar timur itu, akan berakhir pada Bulan Pebruari 2021. Namun karena pada tahun 2021 masih proses pembangunan Depot arsip, maka sewa akan diperpanjang lagi selama satu tahun.
Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifudun, dalam penjelasannya di rapat paripurna ke III, kemarin, juga mengatakan hal yang sama. Kalau proses hibah dengan BPN bisa selesai pada tahun 2020 ini, maka Depot arsip akan dibangun pada tahun 2021 di eks Kantor BPN Sidoarjo, Jl Jaksa Agung Suprapto itu. Namun bila tahun 2020 ini proses hibah dengan BPN tidak ada hasil positip, maka alternatipnya depot arsip Sidoarjo akan dibangun di Desa Kajeksan Kec Tulangan. [kus]

Tags: