Dewan Jatim Dorong Perluasan RSUD dr Soetomo di Suramadu

????????DPRD Jatim, Bhirawa
Dewan mengusulkan agar perluasan RSUD dr Soetomo dilakukan di area kaki jembatan Suramadu.  Selain lahan yang masih luas, perluasan RSUD dr Soetomo di area Suramadu diharapkan mempercepat  pengembangan wilayah tersebut.
Ketua DPRD Jatim, A Halim Iskandar, menyatakan mendukung perluasan RSUD dr Soetomo di area Jembatan Suramadu sisi Surabaya. Rumah sakit baru ini, lanjut politisi PKB ini, harusnya bertaraf internasional hingga dapat menjadi ikon baru Suramadu.
”Kita tahu dengan dibukanya penerbangan Surabaya-Singapura justru banyak dimanfaatkan masyarakat Surabaya untuk berobat ke Singapura. Padahal di satu sisi, banyak rumah sakit di Surabaya seperti Graha Amerta yang memiliki peralatan dan tenaga medis tak jauh dengan RS yang ada di Singapura. Tapi memang kekurangannya ada pada lahan parkir,”tegas Halim, Selasa (16/12).
Berangkat dari kondisi itulah, pihaknya meminta Pemprov Jatim untuk segera meralisasikan pembangunan rumah sakit bertaraf internasional di kaki Suramadu sisi Surabaya.
Apalagi untuk pelayanan, alat dan tenaga medisnya tidak berbeda jauh dengan yang dimiliki oleh RS di Singapura. Begitupula dengan infrastrukturnya.
”Karenanya, jika RS milik Pemprov Jatim dibangun, maka akan banyak devisa yang dapat disimpan di Jatim,”tandas Ketua DPW PKB Jatim ini.
Bagaimana dengan BPWS (Badan Pengelola Wilayah Suramadu), ditegaskan Halim tidak ada masalah. Dengan dibangunnya rumah sakit  di kaki Suramadu maka secara otomatis akan berdampak pada pembangunan diwilayah kaki Madura.
Ini artinya Pemprov Jatim telah membantu BPWS dalam melakukan percepatan pembangunan di wilayah kaki Surabaya maupun Madura.
Seperti diketahui, dengan banyaknya pasien di RSUD dr Soetomo Surabaya  yang semakin hari semakin terlantar karena kelebihan muatan, membuat DPRD Jatim gelisah.
Kegelisahan ini amat beralasan karena rumah sakit milik Pemprov Jatim ini saat ini kapasitasnya sudah tidak muat untuk menerima pasien baru. Salah satu solusi yang ditawarkan DPRD Jatim adalah pembangunan rumah sakit di sisi Utara tepatnya di wilayah Madura atau di wilayah sekitar jembatan Suramadu.
Mantan Ketua Komisi E DPRD Jatim, Sugiri Sancoko mengungkapkan bahwa pernah ada wacana pemerintah provinsi untuk membangun rumah sakit di wilayah Suramadu, namun rencana tersebut kemudian tenggelam karena tidak ada kejelasan realisasinya.
“Kini kami kembali mempertanyakan lagi rencana itu karena kebutuhan rumah sakit di wilayah Surabaya Utara ini sangat mendesak sekali,” ujarnya politisi asal Partai Demokrat ini
Sugiri mengungkapkan bahwa RSUD dr  Soetomo Surabaya merupakan rumah sakit rujukan di wilayah Indonesia Timur sehingga mau tidak mau harus menerima pasien dari rumah sakit lainnya sebagai rujukan.
“Dengan banyaknya pasien rujukan tersebut, tentunya harus secepatnya dibangun rumah sakit alternative sebagai pelengkap rumah sakit Dr. Soetomo Surabaya. Saya percaya dewan akan mendukung realisasi pembangunan rumah sakit alternatif tersebut sekaligus anggarannya,” terangnya. cty

Tags: