Dewan Kerajinan Nasional Buka Harganas XXI

3-harganasSurabaya, Bhirawa
Pemeran dan Gelar Dagang, Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXI 2014 resmi dibuka Kamis(12/6) kemarin oleh  Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional, Hj Vita Gamawan Fauzi SH di Lapangan Makodam V/Brawijaya.
Dengan mengambil tema” Melalui Hari Keluarga Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga, Mewujudkan Indonesia, Sejahtera” dan Motto Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera, Keluarga Masa Depan Indonesia sangat tepat karena sesuai target pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik.
Vita Gamawan Fauzi menyatakan, pemeran dan gelar dagang adalah momentum untuk membangkitkan semangat keluarga  berwirausaha khususnya mengangkat potensi yang ada di sekitarnya. Indonesia punya kerajinan yang sangat melimpah, selain itu mempunyai bahan baku kerajinan seperti kain, batu alam, maupun kayu yang sangat beragam jenis dan keunikannya.
”Ini yang menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara yang punya keragaman budaya serta kerajinan yang sangat banyak. Contohnya 38 kabupaten/kota di Jatim masing-masing punya ciri khas dan motif batik yang berbeda, kalau kita total se-Indonesia jumlahnya mencapai ratusan,” terangnya.
Lebih lanjut Vita mengatakan, tahun depan pasar ekonomi global mulai dilaksanakan, perajin harus siap menghadapi persaingan. Menuruntnya, perajin harus ditingkatkan kemampuan dan kualitas hasil produk sehingga mampu bersaing dengan produk asing. “Kita harus memakai produk dalam negeri, untuk membantu mempromosikan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat,”tuturnya.
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat,  Prof. Dr. Fasli Jalal, PhD menuturkan, saat ini  di Indonesia ada sekitar 67 juta keluarga, jika keluarga ini mampu menjadi keluarga yang mapan secara ekonomi, pendidikan, dan kesehatan maka Indonesia akan menjadi negara maju.
Jatim menjadi salah satu provinsi yang konsisten dan berhasil mengendalikan laju pertumbuhan penduduk. Bahkan provinsi ini sempat meraih juara pertama lomba-lomba yang digelar BKKBN pada tahun 2013. Selain itu, Jatim juga menjadi percontohan untuk proyek-proyek inovasi baru tentang keluarga berencana (KB). Sekaligus merupakan pencanangan gerakan pembangunan keluarga sebagai instruksi dari Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009.
”Sebagai provinsi terbesar nomer dua Jatim menjadi barometer bagi keberhasilan program-program KB bagi provinsi lain di tanah air,” jelasnya.
Kapala Perwakilan BKKBN Jatim Ir.Dwi Listya Wardani.Msc Dip mengaku, pihaknya merasa bangga jika Jatim menjadi tuan rumah Harganas XXI. Harganas akan memberikan spirit kepada BKKBN Jatim, tenaga atau penyuluh lapangan KB dan anggota Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) untuk bekerja lebih keras dan menghasilkan produk yang lebih berkualitas lagi.
Meski banyak prestasi yang diraih oleh Jatim tidak membuat BKKBN Jatim untuk terlena dalam mensukseskan program KKB. ”Kita akan terus bekerja keras karena tantangan kedepan jauh lebih berat,” ujarnya.
Perlu diketahui, Puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXI 2014 nanti akan melibatkan keluarga dan masyarakat di seluruh Indonesia sejumlah 15 ribu orang pada Sabtu 14 Juni 2014. kegiatan pokok dalam peringatan tersebut yakni pendayagunaan mobil penerangan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, berbagai lomba dan temu kader PKK, bakti sosial, seminar, pameran dagang, kesenian serta kegiatan inovasi lainnya. [dna]

Keterangan Foto : Hj Vita Gamawan Fauzi SH memberikan penghargaan pada lomba PKK KB Kesehatan. [dna/bhirawa]

Tags: