Dewan Minta Kualitas SD Terus Ditingkatkan

Ketua Dewan Sidoarjo dan anggota Dewan Propinsi Jatim menandatangani prasasti peresmian SD Futuhiyah. [achmad suprayogi]

Sidoarjo, Bhirawa
DPRD Kabupaten Sidoarjo dan anggota DPRD Propinsi Jawa Timur meminta kepada pemerintah dan lembaga pendidikan dan pengelola pendidikan jenjang Sekolah Dasar (SD), terus meningkatkan kualitasnya. Karena kondisi saat ini persaingannya cukup ketat.
Permintaan ini ditegaskan Ketua Dewasn Sidoarjo, H Usman MKes dan anggota DPRD Propinsi Jawa Timur, Achmad Amir Aslichin saat meresmikan SD Futuhiyah milik Yayasan Pendidikan An Nur Futuhiyah di Desa Klopo Sepuluh Sukodono Sidoarjo, Minggu (23/2).
Usman meminta kepada para pengelola SD baik negeri maupun swasta harus terus meningkatkan kualitasnya. Jika tidak mau meningkatkan kualitasnya maka akan ditinggalkan oleh masyarakat, karena sudah banyak pilihan yang berkualitas.
“Bisa dilihat, di Futuhiyah ini saja juga ada siswanya yang dari luar desa ataupun luar kecamatan. ini berarti para orang tua juga harus jelas untuk memilihkan sekolah anaknya yang baik, yang berkualitas,” pinta Usman yang didampingi Ketua Yayasan Pendidikan An Nur Futuhiyah, Hj Enny Suryani SPd SH MKn.
Sementara itu, Anggota Dewan Propinsi Jawa Timur, Achmad Amir Aslichin menegaskan, pihak memberikan apresiasi dan mendukung atas berdirinya SD Futuhiyah ini. Karena program sekolah negeri saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang. Makanya saya berharap sekolah ini harus terus menguatkan kualitasnya, karena perasaingan semakin ketat.
“Dengan peningkatan kualitas yang tinggi, sekolah akan bisa menjawab tantang dan kebutuhan masyarakat. Kalau pemerintah ada keterbatasan dalam pengembangannya, maka swasta juga tidak ada masalah. Yang penting bisa berlomba – lomba untuk terus menuju kebaikan,” pungkas Mas Iin–sapaan akrabnya.
Sedangkan Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Bambang Irawan selaku Kasi Kurikum Bidang SD yang turut hadir dalam peresmian SD Futuhiyah menjelaskan, kondisi jumlah sekolah, khususnya SD perkembangannya cukup pesat. Dalam satu Kecamatan Sukodono ini saja ada 49 sekolah, yakni untuk SDN sebanyak 23, SD Swasta 10 dan MI (Madrasah Ibtidaiyah) sebanyak 16 lembaga. Sementara di Desa Klopo Sepuluh ini terdapat lima SD/MI. Makanya kalau orangtua akan memasukan sekolah anak – anaknya harus betul – betul memilih yang berkualitas. [ach]

Tags: