Dewan Minta Pemkab Blitar Gelar Rapid Test Masal di 22 Kecamatan

Medi Wibawa, ST. [Hartono/Bhirawa]

Blitar, Bhirawa
Deteksi dini serta pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) secara spesifik di Kabupaten Blitar, Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar meminta Pemerintah Kabupaten Blitar gelar Rapid Test secara masal di 22 Kecamatan.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar-Medi Wibawa, ST mengatakan dalam rangka menyongsong diberlakukannya new normal perlu dilakukan Rapid Test secara masal di 22 Kecamatan.

Medi menilai permintaan ini penting dilakukan untuk menjaring Orang Tanpa Gejala (OTG) dan memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19) di pasar tradisional.

“Perlu dilaksanakannya Rapid Test secara masal, dimana ini perlu dilakukan agar kita mengetahui peta secara pasti wilyah-wilayah mana yang rawan dan terdapat OTGnya, dan Rapid Test secara masal dilakukan di masing-masing kecamatan, dengan mempertimbangkan prosentase penduduk,” kata Medi.

Lanjut Medi, pihaknya juga mengaku khawatir dengan adanya informasi segera diberlakukannya kehidupan new normal, karena sebagian masyarakat masih memahami kehidupan new normal adalah kembali ke kehidupan seperti sebelumnya.

“Untuk itu perlu dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat bahwa kehidupan new normal adalah kehidupan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah,” jelasnya.

Selain itu menurutnya jika new normal diberlakukan penuh, sementara masyarakat kita belum siap, ini akan menyebabkan klaster baru. Untuk itu sangat diperlukan sosialisasi secara langsung ke lapangan secara maksimal untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Terutama untuk tempat-tempat yang sering terjadi kerumunan, seperti pasar, warung maupun cafe. Sehingga ketika semua orang sudah memahami bahwa ptokol kesehatan itu penting dan diterapkan sehari-hari, saya optimis mata rantai penyebaran COVID-19 bisa diminimalisir,” ujarnya.

Sementara perlu diketahui Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, telah melakukan Rapid Test massal untuk menjaring Orang Tanpa Gejala (OTG) dan memutus rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang dimulai di pasar tradisional, dimana Rapid Test massal tahap awal digelar pada 2 pasar yaitu Pasar Wlingi Kecamatan Wlingi dan Pasar Ploso di Kecamatan Selopuro. [htn]

Tags: