Dewan Soroti Jalan Rusak

img.phpKab  Mojokerto, Bhirawa
Kalangan DPRD Kab Mojokerto menyoroti kondisi kerusakan jalan di sejumlah tempat. Dewan mendesak agar Pemkab segera melakukan perbaikan jalan yang rusak. Utamanya yang ada di utara Sungai Brantas mulai Kec Gedeg hingga Dawarblandong.
”Harus ada langkah kongkrit perbaikan jalan yang rusak. Kalau memang perbaikannya masih lama, minimal jalan yang rusak itu ditutup sementara dengan uruk agar tak mengganggu pemakai jalan,”  kata Sipon Diharjo, Wakil Ketua Komisi B yang membidangi masalah pembangunan, Rabu (7/5) kemarin.
Hal itu, menurutnya, harus dilakukan lantaran kerusakannya sudah lama. Selain itu, juga banyak memakan korban. ”Banyak orang yang jatuh dan terjadi kecelakaan yang dipicu oleh jalanan yang rusak itu,” paparnya.
Jika tidak hujan, lubang yang menganga banyak terlihat di jalanan yang rusak itu. Apalagi jika kadang-kadang masih turun hujan seperti sekarang. Jalanan yang rusak menjadi seperti kubangan yang dipenuhi air. Sehingga pengendara cenderung menghindarinya tanpa peduli ada pengendara lain didepan atau dibelakangnya sehingga memicu kecelakaan. Pengendara yang memaksa melewati kubangan itu juga banyak yang terjatuh lantaran selip.
”Anggaran untuk perbaikan jalan itu sebenarnya sudah dialokasikan. Tapi kenapa sampai sekarang belum dilaksanakan. Apa ada yang salah dari perencanaannya,” lontarnya.
Sipon menilai, pembangunan yang dilakukan Pemkab Mojokerto sejatinya sudah bagus. Pembangunan yang di wilayah selatan sudah terlihat. Jalannya sudah bagus-bagus. Tinggal utara Brantas yang masih perlu banyak pembenahan.
Kepala Dinas PU Bina Marga, Zaenal Abidin menuturkan, jalan yang dikeluhkan itu secepatnya akan diperbaiki. Lelang yang pertama gagal, tapi lelang yang kedua sudah ada pemenangnya. Lelang dimenangi PT Lince Romauli Raya Depok Jakarta senilai Rp27,6 miliar. Jalan yang diperbaiki melalui proyek itu sepanjang 12 kilometer mulai Bagusan Gedeg hingga Kali Lamong Dawarblandong.
”Mereka sudah tanda tangan kontrak 28 April lalu. Konsultannya tanda tangan kontrak pada 30 April. Jadi pekan kedua Mei kemungkinan sudah bisa dimulai. Waktunya selama enam bulan,” ucapnya. [kar]

Keterangan Foto : Wakil Ketua Komisi B DPRD Kab Mojokerto, Sipon Diharjo.

Rate this article!
Dewan Soroti Jalan Rusak,5 / 5 ( 1votes )
Tags: