Dewanti Rumpoko Perpanjang Jabatan Direktur PDAM Kota Batu

Wali Kota Batu, Dra.Hj.Dewanti Rumpoko,M.Si saat melantik Edy Sunaedy,ST,M.AP sebagai Direktur PDAM Batu bertempat di Graha Pancasila Balaikota Batu, Jumat (3/1)

Kota Batu,Bhirawa
Capaian pertumbuhan PDAM Kota Batu dalam empat tahun terakhir dianggap sangat baik. Hal ini mendasari Walikota Batu, Dra.Hj.Dewanti Rumpoko,M.Si memperpanjang kepemimpinan Edy Sunaedy,S.T,M.AP sebagai Direktur PDAM Kota Batu. Bertempat di Graha Pancasila Balaikota Batu, Walikota melantik Edy Sunaedy sebagai Direktur PDAM Kota Batu periode 2020- 2025, Jumat (3/1).
“Progres yang dilaporkan PDAM Kota Batu sangat baik. Dan saya harapkan PDAM Kota Batu terus berkordinasi dengan PDAM Kota Malang dan Kabupaten Malang, serta bersinergi dengan HIPAM Batu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,”pesan Walikota Batu, Dra.Hj.Dewanti Rumpoko,M.Si saat melakukan pelantikan, Jumat (3/1y.
Menurut Walikota saat ini tidak ada ganjalan lagi bagi PDAM Batu dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. Karena saat ini Perda Among Tirto yang menjadi landasan kerja PDAM Batu sudah jadi dan sudah disahkan. “Karena itu tidak ada hal lain yang perlu diragukan dan disangsikan lagi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,”tambah Dewanti.
Diketahui, Edy Sunaedy dilantik pertama kali sebagai Direktur PDAM Batu pada era kepemimpinan Walikota Eddy Rumpoko. Saat itu pelantikan masih mengacu pada aturan lama dimana masa jabatan Direktur hanya 4 tahun. Dengan demikian masa bhakti Sunaedy sebagai direktur habis tertanggal tanggal 4 Januari 2020.
Berbeda dengan pelantikan sebelumnya (tahun 2016), saat itu Sunaedy harus mengikuti seleksi dan uji kelayakan. Namun dalam pelantikan kali ini Sunaedy langsung dibuatkan SK Pengangkatan sebagai Direktur PDAM Batu yang saat ini bernama Perumdam Among Tirto untuk masa bhakti 2020 -2025.
Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), di Pasal 58 memang mensyaratkan adanya seleksi dan uji kelayakan. Namun pada pasal selanjutnya (Pasal 59) disebutkan bahwa, “Ketentuan mengenai seleksi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 58 tidak berlaku bagi pengangkatan kembali anggota Direksi yang dinilai mampu melaksanakan tugas dengan baik selama masa jabatannya. Dalam hal ini anggota Direksi diangkat kembali,”. Hal inilah yang menjadi pijakan pelantikan Direktur Perumdam Among Tirto, kemarin (3/1).
Setelah dilantik, Sunaedy mengaku aan segera melanjutkan program- program yang telah dibuatnya namun belum terselesaikan. Termasuk memperbaiki mutu pelayanan kepada masyarakat. Dalam dalam perbaikan tersebut, pihaknya juga akan bersinergi dengan HIPAM sebagai organisasi yang juga memberikan pelayanan kebutuhan air kepada masyarakat.
“Dan dalam peningkatan pelayanan dengan bersinergi dengan HIPAM ini, kita tidak akan mencari siapa yang lebih benar. Karena keberadaan sumber air ini adalah milik Negara yang harus dimanfaatkan untuk kemakmuran masyarakat,”ujar Sunaedy merespon permintaan Walikota.(nas)

Tags: