Di Sumenep, 107 Relawan Demokrasi Ikuti Tes Wawancara

Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil saat mewawancarai calon relawan demokrasi

Sumenep, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep menggelar tes wawancara bagi 107 calon relawan demokrasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati setempat 2020.

Tes wawancara ini merupakan bagian dari tahapan penerimaan relawan demokrasi yang sebelumnya peserta telah dinyatakan lulus administrasi.

Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil mengatakan, ada 109 peserta yang mendaftar secara online, namun yang dinyatakan lulus administrasi hanya ada 107 peserta.

Dari peserta yang lulus administrasi itu, saat ini sedang mengikuti tes wawancara yang dijadwalkan satu hari yakni hari ini (5/10). Setelah tes wawancara, mereka akan ditentukan siapa saja yang akan masuk bagian dari relawan demokrasi itu.

“Saat ini kami sedang menggelar tes wawancara bagi calon relawan demokrasi Pilbup. Hanya satu hari ini,” kata Rafiqi Tanzil, Senin (5/10).

Menurutnya, dari 107 peserta itu, KPU akan mengambil 50 orang. Setelah ditetapkan siapa saja yang masuk, nanti mereka akan mengikuti pelatihan.

Kinerja para relawan demokrasi nanti berbasis relasi. Ada 10 relasi yang menjadi objek sosialisasi para relawan yakni Keluarga, Pemilih Pemula, Pemilih Muda, Perempuan, Penyandang Disabilitas, Berkebutuhan Khusus, Kaum Marginal, Basis Komunitas, Keagamaan dan WargaNet.

“Tugasnya membantu KPU melakukan sosialisasi. Ada 10 objek yang menjadi tujuan sosialisasi soal tahapan Pilbup,” ucapnya. Sebelumnya, KPU telah menetapkan dua pasangan calon sebagai peserta dalam Pilbup Sumenep dan KPU juga telah melakukan pengundian dan penetapan nomor urut. Sesuai hasil pleno terbuka, pasangan Ach. Fauzi-Hj. Dewi Khalifah memdapatkan nomor urut satu dan pasangan Fattah Jasin-Ali Fikri mendapatkan nomor urut dua.

Pasangan Ach. Fauzi-Hj. Dewi Khalifah diusung PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sedangkan pasangan Fattah Jasin-KH. Ali Fikri diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan Golkar sebagai Partai pendukung. [sul]

Tags: