Dibobol Rp19,6 Juta, Wartawan Antara Lapor Polda Jatim

Willy Irawan

Surabaya, Bhirawa
Modus pembobolan uang melalui ATM bank masih dijumpai di 2020. Kali ini dialami oleh Willy Irawan, wartawan Kantor Berita ANTARA Biro Jatim yang harus kehilangan uang sebesar Rp19,6 juta di rekening tabungannya.
Willy menjelaskan, Ia mempunyai uang Rp20 yang disimpan (ditabung) di Bank Negara Indonesia (BNI). Saat akan mentransfer ke kerabatnya melalui mobile banking (m-banking) selalu gagal karena saldo tak mencukupi. Padahal Ia mengaku ditabungannya masih ada uang sebesar Rp20 juta.
“Saya mau transfer Rp1 juta, tapi gagal terus. Setelah saya cek, saldo ditabungan saya hanya ada Rp400,” kata Willy, Selasa (10/3).
Setelah tahu uang ditabungannya raib, Willy mengecek mutasi rekening di m-banking miliknya. Dia pun kaget melihat adanya transaksi penarikan uang sebesar Rp9 juta di BNI Malang pada 6 dan 7 Maret 2020, bahkan dilakukan berkali-kali.
“Padahal ditanggal itu saya repot mengurusi nikahan adik. Dan tidak melakukan transaksi penarikan uang sama sekali,” ungkapnya.
Masih kata Willy, Ia pun langsung mendatangi Kantor Cabang BNI Gateway Waru, Sidoarjo, sekaligus mengisi surat pernyataan bahwa telah terjadi pembobolan pada tabungannya. “Setelah isi surat pernyataan, lalu dicetakkan rekening koran. Katanya masih diproses, menunggu 14 hari,” ucapnya.
Tak hanya laporan ke Bank, Willy juga melaporkan kejadian pembobolan itu ke pengaduan Siber Ditreskrimsus Polda Jatim dan berharap kasusnya segera terungkap, serta uangnya segera kembali.
“Harapannya segera terungkap siapa yang membobol rekening bank saya. Serta uang yang hilang segera kembali lagi, karena untuk biaya menikah saya,” imbuhnya.
Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyampaikan pengaduan Willy telah diterima penyidik, namun belum bisa ditelusuri karena menunggu berita acara dari BNI.
“Kami tunggu pihak BNI 14 hari itu, kalau benar tidak ada kesalahan sistem bank dan terindikasi pembobolan maka kami selidiki dan segera mengungkapnya,” pungkasnya. [bed)
[20.45, 10/3/2020] Bed Bhirawa: Teks Foto : Willy Irawan, wartawa ANTARA Biro Jatim melaporkan kasus pembobolan rekening tabungannya di Mapolda Jatim, Selasa (10/3).

Tags: