Dibuka, Kompetisi Pelatihan Berbasis Soft Skill

4-FUTURE LEADERSurabaya, Bhirawa
Program  Future Leaders oleh  PT XL Axiata Tbk (XL)  membuka kesempatan bagi 400 mahasiswa se Surabaya untuk mengikuti kompetisi pelatihan berbasis karakter (soft skill,red)
Melalui program Future Leaders ini para mahasiswa di tahun pertama dan kedua dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ditantang untuk ikut serta dengan mendaftarkan diri secara online hingga 30 Juni mendatang.
“Roadshow program XL Future Leaders 3 ini merupakan wujud komitmen XL untuk turut serta mencetak calon pemimpin Indonesia di masa depan. Dan bagi 120 mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia yang memenuhi persyaratan akan mendapatkan pelatihan kepemimpinan selama 2 tahun yang berfokus pada 3 kompetensi utama yakni, komunikasi efektif, jiwa kewirausahaan dan inovasi serta kemampuan mengelola perubahan,” ungkap Direktur Service Management XL-Ongki Kurniawan saat road show program, ini di Auditorium Garudha Mukti Universita s Airlangga , Selasa(3/6).
Menurut ongki, seiring dengan semakin meningkatnya perhatian masyarakat terhadap isu peningkatan pendidikan yang berkarakter (soft skill) membuat program ini sangat penting. “Tidak bisa dipungkiri bahwa program pendidikan soft skill yang bertujuan melatih jiwa kepemimpinan juga sangat dibutuhkan sebagai pendukung dari pendidikan akademis yang diterima oleh para mahasiswa,” terangnya.
Ia menambahkan, berbekal kemampuan akademis dan kemampuan soft skill seperti yang diajarkan dalam program Feature Leader ini, ia yakin para mahasiswa akan lebih siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan, termasuk bersaing dalam merebut posisi-posisi penting di berbagai bidang.
Dan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas bagi mahasiswa Indonesia XL Future Leaders memberikan pilihan dua jenis kelas. Kelas Pertama adalah Global Thinking Class, diperuntukkan bagi minimal 120 mahasiswa yang lolos seleksi untuk mengikuti program selama 2 tahun. Syaratnya tercatat sebagai mahasiswa tingkat 1 atau 2 dengan nilai IPK minimal 2,8.
“Metoda pelajaran akan disampaikan dalam tiga cara, yakni kelas tatap muka sebanyak 5 kali dalam setahun dan dilakukan saat akhir pekan; belajar online dan partisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan untuk mengasah kepemimpinan dan empati sosial,” jelasnya.
Sedangkan untuk kelas kedua adalah E-Curriculum Class yang terbuka bagi seluruh mahasiswa Indonesia untuk mempelajari Xcel Curriculum secara online. E-curriculum Class juga tidak mensyaratkan semester tertentu atau pun IPK minimum. Dan metoda penyampaian materi belajarnya dilakukan secara online, dengan sesi tatap muka yang akan ditentukan tempat dan waktunya kemudian.
“Kami juga meningkatkan komitme dengan berinvestasi mempekerjakan fasilitator berpengalaman secara full-time untuk memfasilitasi dan memantau kemajuan belajar peserta Future Leaders. Proses mentoring antara mahasiswa dan fasilitator melibatkan pembinaan mendalam dan sesi tatap muka,” katanya. [riq]

Keterangan Foto : Direktur Service Management XL-Ongki Kurniawan (kanan) memberikan plakat terima kasih kepada Wakil Rektor I Unair-Prof Ahmad Syahroni (tengah) didampingi VP XL East Region-Titus Dondi (Kiri) pada acara Roadshow XL Future Leaders 3 di Universitas Airlangga Surabaya.

Tags: