Dicatut Penipu Via WA

Armuji

Armuji
Ada saja modus penipuan sekarang ini. Para penipu seolah tak kehilangan akal untuk mengelabui para korbannya. Kali ini nama Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji dicatut dalam sebuah nomor WhatsApp (WA), dengan dalih akan memberikan dana hibah kepada masjid-masjid atau tempat ibadah lainnya.
Modus penipuan yang mencatut nama Wakil Wali Kota Surabaya itu diungkap sendiri oleh Armuji melalui akun Instagramnya @cakj1. Dalam menjalankan aksinya, terduga pelaku penipuan menghubungi calon korbannya melalui WA dengan display photo Wali Kota Surabaya Armuji.
“Akhir-akhir ini banyak nomor yang tidak dikenal mengatasnamakan saya pribadi dengan dalil modus memberikan dana hibah kepada masjid atau musholla yang ada di Kota Surabaya,” tulis Armuji dalam unggahannya di akun Instagramnya pada Rabu, (30/11).
“Oleh karena itu, saya menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati apabila mendapat pesan seperti itu atau bisa dengan menghiraukannya saja,” lanjut politisi senior yang akrab disapa Cak Ji ini.
Armuji pun memberikan penjelasan cukup detail mengenai akal bulus pelaku penipuan ini melalui video yang diunggah di akunnya itu. Dia menyebut pelaku penipuan ini menghubungi pengurus masjid atau tempat ibadah melalui WA. Kemudian, mereka meminta sejumlah data pribadi calon korbannya itu mulai KTP, KSK surat tanah hingga nomor rekening bank.
“WA mereka mengatasnamakan Wakil Wali Kota Surabaya dengan dalih memberi dana hibah kepada masjid-masjid atau tempat ibadah lainnya dengan menarik yaitu KTP, foto copy surat tanah, KSK, bahkan suruh memberikan rekening,” papar mantan Ketua DPRD Kota Surabaya ini.
Armuji menegaskan semua itu modus penipuan yang mencatat namanya sebagai Wakil Wali Kota Surabaya. “Tapi perlu diketahui, bahwa semua itu adalah penipuan. Sekali lagi, semua itu penipuan. Tolong diwaspadai. Yang mengatasnamakan daripada kepala daerah itu sering terjadi,” tandas Cak Ji yang juga pernah menjadi anggota DPRD Jatim ini.
Indikasi kuat penipuan itu, masih kata Armuji, ujung-ujungnya mereka minta ditransfer uang. “Oleh karena itu, saya mengimbau kepad masyarakat kalau menemui hal semacam ini melalui WhatsApp dan ujung-ujungnya biasanya minta ditransfer uang kepada rekening yang bersangkutan. Wes jelas, iku penipuan,” beber Armuji.
Jika masyarakat mendapatkan atau dihubungi orang yang mengatasnamakan Wakil Wali Kota Surabaya, Armuji mengingatkan agar terduga pelaku diajak ketemuan face to face. “Suruh datang saja ke tempat bapak, temui face to face, temui secara langsung, (mereka, re) berani nggak?,” cetus kader senior PDIP ini.
“Kalau nggak berani, sekali lagi itu penipuan. Tolong diwaspadai penipuan mengatasnamakan kepala daerah ini banyak terjadi dengan modus apapun,” pungkas Armuji dalam penjelasan melalui video. [iib]

Rate this article!
Dicatut Penipu Via WA,5 / 5 ( 1votes )
Tags: