Dicurhati Produsen Roti Matahari, Gus Ipul Siap Kembangkan UMKM

Cawali Pasuruan, Gus Ipul bersama Samuel Laksamana, generasi ketiga penerus bisnis roti matahari di produsen Roti Matahari yang berada di Jalan Soekarno Hatta, Kota Pasuruan, Sabtu (25/10). [Hilmi Husain/Bhirawa]

Pasuruan, Bhirawa
Calon Wali Kota (Cawali) Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mendatangi produsen Roti Matahari yang berada di Jalan Soekarno Hatta, Kota Pasuruan.

Kedatangannya ke roti bercitarasa tinggi khas Kota Pasuruan yang dirintis sejak tahun 1954 lalu disambut curhatan oleh manajemen perusahaan yang kini dikelola generasi ketiga tersebut. Itu lantaran semakin lesu sejak dibukanya jalan tol Pasuruan-Probolinggo.

“Saat ini, kami tertolong dengan usaha online. Jadi kami kirim ke sejumlah supermarket atau ke beberapa pembeli dari luar daerah yang pesan online. Yang kami inginkan adalah kami diberikan stan di rest area tol Paspro. Sehingga, pembeli tanpa harus turun tol, mereka tetap bisa beli oleh-oleh khas Kota Pasuruan ini,” papar Samuel Laksamana, generasi ketiga penerus bisnis roti matahari, Sabtu (25/10).

Tentu saja, Gus Ipul sepakat bahwa produk Roti Matahari perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah sebagai salah satu inspirasi pengembangan UMKM. Roti Matahari adalah produk UMKM lokal yang sudah sangat dikenal masyarakat hingga di luar Jawa Timur.

“Dibukanya jalan tol membuat lalau lintas orang di Kota Pasuruan menjadi berkurang. Peran serta pemerintah dalam hal ini sangat dibutuhkan agar potensi UMKM ini terus berkembang,” kata Gus Ipul.

Penguatan layanan pemasaran secara online harus terus ditingkatkan. Pemerintah juga harus siap dalam menjembatani pemasaran yang cenderung lesu. Diantaranya adalah memfasilitasi pembukaan stan UMKM yang ditempatkan pada kawasan rest area jalan tol.

“Saya dan Mas Adi mengusung konsep membawa Kota Pasuruan menuju Kota Madinah. Maju ekonominya, indah kotanya dan harmoni warganya. Untuk memajukan ekonominya, sektor pariwisata ini yang menjadi pengungkitnya. Insyallah apabila kami diberi amanah memimpin Kota Pasuruan, kami siap mengembangkan UMKM, termasuk membuatkan tempat untuk menampung prodak lokal khas Kota Pasuruan ini,” kata Gus Ipul. [hil]

Tags: