Didera Hujan Beberapa Hari, Septic Tank Rumah Warga Kota Batu ”Ambles”

Didera Hujan Beberapa Hari, Septic Tank Rumah Warga Ambleserangkat Desa Beji saat melakukan olah TKP dalam musibah tanah ambles di Desa Beji, Senin (20/1).

Kota Batu,Bhirawa.
Hujan deras mendera wilayah Desa Beji, Kecamatan Junrejo Kota Batu dalam beberapa hari terakhir. Hal ini telah mengabaikan adanya aliran air yang merembes di sela bangunan pondasi beton dari rumah warga atas nama Norodi Adi Firmansyah yang ada di Desa tersebut. Diduga tak kuat menahan rembesan tersebut membuat pondasi akhirnya ambles dan septic tank yang ada di rumah itu ikut jebol atau ambles.
Diketahui, lokasi musibah tanah ambles ini berada di Jl. Sair Gang 1, RT01, RW04, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. “Laporan adanya tanah dan septic tank ambles ini kita terima hari ini, Senin, 20 Januari 2020 pukul 11.30 WIB,”ujar Kabid kedaruratan dan Logistic BPBD Batu, Achmad Choirur Rochim, Senin (20/1).
Namun ketika Tim BPBD mendatangi lokasi kejadian ternyata tanah ambles tersebut sudah terjadi pada hari Sabtu, 18 Januari 2020 dini hari atau pukul 00.00 WIB. Dalam olah TKP yang dilakukan Tim BPBD Batu kemarin, diketahui bahwa bangunan pondasi rumah milik Adi Firmansyah ini juga berfungsi sebagai penyangga septic tank di rumah itu.
Pondasi tersebut diketahui sudah berumur tua sehingga diperkirakan tidak kuat menahan rembesan air sehingga bangunan tersebut ambrol. Dalam olah TKP lanjutan, lantai ruangan yang ambles memiliki dimensi panjang 2m dan lebar 2m, adapun kedalamannya mencapai 8,5m.
Dari dimensi yang ambles tersebut juga meliputi septic tank dari rumah itu. Adapun lantai di atas septic tank berfungsi sebagai dapur dan kamar mandi yang otomatis ikut ambles. “Dinding sekat antara kamar mandi dan dapur roboh. Kemudian tiang penyangga rumah rusak dan dalam kondisi menggantung karena lantai di bawahnya ambles. Namun demikian tidak ada korban jiwa dalam musibah ini,”jelas Rochim.
Untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan Tim BPBD memasang garis pembatas. Kemudian mereka juga melakukan koordinasi dengan Perangkat Desa setempat untuk membuat penanganan lebih lanjut.(nas)

Tags: