Digitalisasi Majukan UMKM

Novi Puji Lestari

Oleh :
Novi Puji Lestari
Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Malang

Pengalaman pada berbagai krisis ekonomi mengajarkan Indonesia bahwa usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berperan sebagai tulang punggung dan penyangga yang justru menyelamatkan Indonesia dari berbagai masalah ekonomi. Sisi yang kini banyak disorot untuk mendukung UMKM, utamanya di masa pandemi Covid-19 adalah percepatan transformasi digital. Realitas tersebut, menjadikan logis adanya, jika berbagai terobosan dan inovasi layak dilakukan agar keberadaan UMKM lebih berdaya saing sehingga memiliki bargaining position lebih baik di tengah kemajuan zaman informasi dan teknologi.

Menuju transformasi digital
Perkembangan waktu saat ini telah membawa perubahan zaman yang sangat pesat. Salah satunya, adalah adanya zaman digitalisasi. Melalui zaman digitalisasi ini bisa dipastikan telah mendorong perubahan yang sangat menyulur disemua bidang. Pandemi corona (Covid-19) telah mengubah tatanan kehidupan manusia, termasuk cara bertransaksi. Mulai yang awalnya pola gaya konsumen konvesional, justru di era digitalisasi saat semua beralih pada pola online alias semua beralih ke serba aplikasi.
Itu artinya, era digitalisasi kini menjadi panglima dalam dunia bisnis di semua sektor kehidupan. Otomati melihat realitas yang demikian, sudah semestinya UMKM yang ada di negeri ini harus mampu bertransformasi ke ekonomi digital. Hal ini bertujuan untuk tetap mempertahankan partisipasi dan eksistensi usaha. Kondisi itu semakin terbuktikan dengan adanya mereka pelaku usaha yang terhubung ke dalam ekosistem digital lebih memiliki daya tahan di tengah pandemi Covid-19.
Selain itu jika mengikuti digitalisasi, promosi usaha akan lebih murah dan tepat sasaran. Sehingga mempermudah komunikasi dan monitoring dan bisa mendapatkan laporan keuangan secara lengkap. Melalui digitalisasi, diharapkan juga memunculkan peluang bisnis baru (E-business) dan bisa membuka lapangan pekerjaan baru. Pemerintah akan terus memberikan dorongan bagi UMKM beserta koperasi dengan memberikan pemahaman dan edukasi terkait manfaat yang didapat. Diharapkan semua pihak bisa bekerjasama dengan baik, sehingga bisa mencapai tujuan yang ditargetkan.
Perkembangan teknologi informasi berkembang dengan pesat, sehingga sudah saatnya aktivitas UMKM memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya. Semakin banyaknya pesaing menjadi pertimbangan bagi pelaku usaha untuk melakukan inovasi dalam memenangkan persaingan tersebut. Strategi komunikasi pemasaran yang tepat digunakan untuk bisa meraih pangsa pasar yang dituju sehingga dapat meningkatkan penjualan (Pradiani, 2017).
Pelaku UMKM harus mampu bersaing di pasar internasional agar tak tertindas. Apalagi, di era persaingan ini, pelaku UMKM seharusnya melek akan teknologi informasi (TI) agar dapat memudahkan memasarkan produk hingga ke luar negeri. Logis adanya, jika pendampingan digitalisasi bagi UMKM di negeri ini sangat mutlak dibutuhkan demi perkembangan dan kemajuan UMKM.

Digital marketing bagi UMKM
Memasuki era digital bagi pelaku UMKM bisa jadi bukan suatu perkara yang mudah bagi pelaku UMKM. Pasalnya, pelaku UMKM di era digital saat ini sangat membutuhkan teknologi informasi yang tepat untuk bisa tumbuh berkembang dan bersaing di era digital saat ini. Bisa jadi dalam prakteknya, pelaku UMKM menemui kesulitan untuk mendapatkan solusi teknologi informasi yang tepat karena pelaku UMKM tidak memiliki staf khusus yang ahli dalam bidang teknologi informasi yang dinamis. Kendala lain, yakni banyaknya ragam produk teknologi, membuat pelaku UMKM bingung memilih solusi yang pas. Oleh sebab itu para pelaku UMKM membutuhkan panduan dalam memilih teknologi informasi yang tepat sesuai jenis usaha dan kebutuhannya. Salah satunya, dengan menghadirkan digital marketing.
Digital marketing menjadi salah satu media yang sering digunakan oleh pelaku usaha karena kemampuan baru konsumen dalam mengikuti arus digitalisasi, beberapa perusahaan sedikit demi sedikit mulai meninggalkan model pemasaran konvesional/dan beralih ke pemasaran moderen. Dengan digital marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu/real time dan bisa di akses ke seluruh dunia, seseorang juga dapat melihat berbagai barang melalui internet, sebagian besar informasi mengenai berbagai produk sudah tersedia di internet, kemudahan dalam pemesanan dan kemampuan konsumen dalam membandingkan satu produk dengan produk lainnya (Kotler & Keller, 2008).
Digital marketing merupakan pemasaran dengan menggunakan penerapan teknologi secara digital. Peran strategi digital marketing dapat menjadi hal yang penting dalam mengikuti perkembangan teknologi digital dan mengembangkan rencana untuk menarik konsumen dan mengarahkannya pada perpaduan antara komunikasi elektornik dan komunikasi tradisional (Chaffey, Chadwick, Mayer, & Johnston, 2009).
Salah satu bentuk marketing digital dengan menggunakan media elektronik atau internet adalah internet marketing (e-marketing). E-Marketing merupakan suatu proses pemasaran yang menggunakan teknologi komunikasi elektronik, khususnya internet. Berikut nilai keuntungan dari pemanfaatan digital marketing bagi UMKM.
Pertama, digital marketing bagi UMKM setidaknya bisa mempermudah produknya dijangkau oleh pelanggan dengan hadir di mediamedia dengan akses langsung ke pelanggan merupakan inti dari digital marketing. Inilah sesungguhnya pendekatan horizontal. Ketika pemasar dan pelanggan berada di garis yang sama, keduanya dapat saling menjangkau, kepuasan pelanggan akan pelayanan dapat terpenuhi, karena customer memang harus dilayani secara horizontal.
Kedua, strategi digital marketing bagi UMKM dengan menggunakan media sosial sangatlah penting karena dapat memberi pengetahuan kepada para pelaku UMKM mengenai cara maupun tahapan dalam memperluas jaringan konsumen melalui pemanfaatan media sosial dalam memasarkan produknya sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing bagi UMKM itu sendiri.
Ketiga, pemanfaatan digital marketing bagi UMKM sebagai sarana memasarkan produk agar terjangkau lebih luas pemasarannya. Selain untuk mendapatkan pelanggan baru, tetapi juga berinovasi untuk mempertahankan pelanggan lama, apalagi yang berpotensi. Hal ini juga penting untuk meningkatkan kesadaran digital bagi pemilik UMKM yang belum familiar dengan go online.
Melalui ketiga teknis pemanfaatan digital marketing tersebut diatas, sekiranya bisa menggunggah kesadaran para pelaku UMKM di negeri ini, agar lebih bersemangat dalam menggunakan internet marketing secara maksimal demi meningkatkan produktivitas UMKM dan perluasan jangkauan pasar penjualan produk.

——— *** ————

Rate this article!
Digitalisasi Majukan UMKM,5 / 5 ( 1votes )
Tags: