Diguyur Hujan Deras, Sungai Bedadung Jember Meluap, Ratusan Rumah Terendam

Petugas BPBD saat mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir, Jumat (29/1) malam.

Jember, Bhirawa
Diguyur hujan selama 4 jam, sungai bedadung yang alirannya membelah kota Jember, meluap, Jumat (29/1). Ratusan rumah warga yang berada di sepanjang bantaran sungai bedadung terendam hingga satu meter dan beberapa rumah dikabarkan hanyut.

Hujan deras yang mengguyur kota tembakau sejak sore, membuat warga sekitar bantaran sungai bedadung was-was. Karena menyebabkan dibet air sungai terus meninggi. Bahkan dari hasil pantauan dilapangan, warga mengaku kaget dan panik saat rumahnya mulai terendam air.
Seperti pengakuan Pak Arif salah seorang warga yang berada disekitar jembatan semanggi.

“Pas maghrib air mulai naik dan tidak sempat mengamankan barang-barang dirumah,’ ujar Arif yang mengaku rumahnya terendam hingga 100 cm.

Luapan sungai bedadung yang datang secara tiba-tiba membuat dirinya dan warga kaget. Karena sejak tinggal disekitar sungai, baru kali ini terjadi banjir bandang. “Selama saya tinggal disini, baru kali ini besar sampai membuat rumah kami tergenang,” terangnya.

Selain disekitar jembatan semanggi, luapan air sungai bedadung terjadi di beberapa titik. yakni Arjasa, Kaliwates dan Patrang dan Kec Sumbersari. Hingga berita ini dibuat, belum terinci berapa jumlah rumah yang terdampak dan hanyut.

Sementara, Kepala Bidang Kedaruaratan dan Logistik Heru Widagdo yang dihubungi media melalui ponselnya mengaku telah melakukan monitoring dibeberapa wilayah di Jember yang mengalami banjir akibat adanya luapan air sungai.“Kami sudah monitor mas, kondisi sungai bedadung yang meluap sejak sore tadi,” ujar Heru.

Menurut Heru, ada beberapa kecamatan yang terdampak luapan sungai bedadung. Diantaranya Kecamatan Jelbuk yang merupakan hulu sungai dan Sumbersari yang merupakan hilir sungai.“Sudah dipantau dari Jelbuk sampai Sumbersari dan ini masih terus kita lakukan, update lokasinya,” imbuhnya.

Untuk wilayah perkampungan jalan Semanggi Kecamatan Sumbersari, Heru menyampaikan sudah menerjunkan dua orang personel ke lapangan dan sisanya terbagi ke beberapa titik lainnya.
“Tadi sudah kita terjunkan anggota BPBD Jember dan kayaknya kewalahan, ini masih kita update terus perkembangan sembari membagi tugas ke wilayah lain,” tuturnya pula.(efi)

Tags: