Dikucur Dana Rp300 M, Stadion Surajaya Dibangun Berstandar FIFA

Design Stadion Surajaya Lamongan yang baru dan akan dimulai pembangunanya pada 28 Dssember 2024. [alimun hakim]

Lamongan, Bhirawa
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan akan melakukan pembongkaran dan pembangunan ulang Stadion Surajaya dengan anggaran Rp300 Miliar.

Kepala Dispora Lamongan, Erwin Sulistya Pambudi, Selasa (5/12) membenarkan bahwa markas Persela ini akan dibongkar total, dimulai dari tribun, diikuti oleh peningkatan sistem drainase dan penggantian rumput.

“Rencananya, pembongkaran akan berlangsung mulai 28 Desember 2023 hingga 18 Januari 2023. Kami berharap proses pembongkaran dapat berlangsung cepat, mengingat telah ada pemenang lelang yang siap memulai pembangunan baru,” ujarnya.

Menurut Erwin, semua perencanaan dan pembangunan sudah menjadi wilayah PUPR dengan data – data pendukung yang telah ada.

“Alhamdulillah, ini sesuatu yang harus kita syukiri. Kita sudah dibangunkan Stadion yang berstandart FIFA. Kapasitas seatnya 12.097 – 13.000 an. Semua sudah berdasarkan perhitungan penonton pada waktu Liga 1 dulu yang tidak sampai 10.000 penonton, itupun pertandingan lawan kesebelasan tim – tim besar,” terangnya.

Dirincikannya, design Stadion Surajaya yang baru disebutkan terdapat 3 lantai dengan design modern dan tempat duduk single seat.

Penonton diwajibkan memiliki tiket untuk masuk ke stadion. Selain itu, stadion ini akan dilengkapi dengan perimeter untuk melakukan screening penonton.

“Stadion Surajaya yang baru akan memiliki 4 ruang ganti pemain. Ini memberikan fleksibilitas bagi 4 tim untuk menggunakan stadion, baik untuk pertandingan uji coba maupun kegiatan lainnya,” bebernya.

Pihak Lamongan sendiri meminta dua elemen penting agar tetap dipasang yaitu monumen Choirul Huda dan pelakat pembangunan pertama Stadion Surajaya sebagai peninggalan sejarah Stadion. [aha.yit.why]

Tags: