Dilirik Prabowo, Pakde Karwo Mengaku Belum Ada Komunikasi

Dr H Soekarwo - Prabowo Subianto

Dr H Soekarwo – Prabowo Subianto

Pemprov Jatim, Bhirawa
Gubernur Jatim Dr H Soekarwo SH, MHum mengaku belum ada komunikasi antara dirinya dengan Capres Partai Gerindra Prabowo Subianto, meski telah disebut-sebut bakal menjadi calon wakil presiden (cawapres) Prabowo. Menurutnya, terlalu jauh jika Prabowo menghubungi dirinya untuk urusan cawapres.
“Nggak, nggak ada komunikasi. Terlalu jauh kalau Pak Prabowo menelepon untuk membahas masalah itu (cawapres, red). Kita masih konsentrasi seputar hasil Pileg 2014 dulu,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Jatim ini, Minggu (13/4).
Meski terus didesak seputar cawapres, Pakde Karwo-sapaan lekat Soekarwo, terkesan berhati-hati menjawab pertanyaan wartawan, mengomentari pernyataan Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon, jika DPP menerima usulan beberapa nama cawapres pendamping Prabowo, salah satunya Pakde Karwo.
“Saya belum mau komentar dulu tentang pencalonan presiden atau wakil presiden. Kita tunggu saja nanti bagaimana baiknya. Untuk sementara masih membahas soal legislatif,” ujarnya.
Pakde Karwo mengatakan, pernyataan yang dilontarkan Fadli Zon hanya sebatas bercanda, karena tidak disampaikan melalui puisi. “Pak Fadli mungkin bercanda, karena kalau serius biasanya melalui kata-kata puisi,” katanya setengah bercanda.
Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Soepriyatno mengaku, pihaknya sudah mengusulkan tiga nama terkait pendamping Prabowo. Di antaranya Pakde Karwo, Mahfud MD dan Dahlan Iskan. “Untuk Risma kita nggak usulkan. Jatim hanya mengusulkan tiga nama itu,” katanya.
Menurutnya tiga nama itu mewakili sejumlah golongan yang ada. Mahfud MD mewakili kalangan nahdliyin, Pakde Karwo mewakili kalangan birokrat dan Dahlan Iskan mewakili kalangan pengusaha.
“Usulan Jatim ini tidak main-main. Nama-nama itu sudah kompeten di bidangnya dan tak ada yang meragukan kiprahnya selama ini. Mereka telah sukses di bidangnya masing-masing” katanya.
Perlu diketahui, Partai Gerindra mulai melirik sejumlah nama untuk mendampingi Prabowo sebagai cawapres. Saat ini Gerindra sedang melakukan penjajakan ke beberapa partai untuk melakukan koalisi.
Fadli Zon mengatakan, untuk nama-nama cawapres akan digodok setelah koalisi antar parpol terbangun. Ia menjelaskan, sejumlah nama yang masuk ke DPP Partai Gerindra sebelum Pileg di antaranya Pakde Karwo, Dahlan Iskan dan Tri Rismaharini. “Kami belum bisa bicara blak-blakan yang terpenting adalah menjajaki koalisi antar parpol,” katanya.
Saat ini, lanjutnya, Partai Gerindra intensif menjalin komunikasi dengan Partai Demokrat. Bahkan, Prabowo sudah beberapa kali bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sebelum Pileg.
Fadli juga mengatakan, kemungkinan besar Partai Gerindra menutup pintu komunikasi dengan partai lain yang sudah memiliki capres. Seperti PDIP yang sudah memiliki Jokowi dan Partai Golkar yang sudah memiliki Aburizal Bakri.  [iib]

Tags: