Dinas Kesehatan Sampang Tegaskan Vaksin Covid-19 Aman

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sampang, Agus Mulyadi

Sampang, Bhirawa
Jelang Program Vaksinasi yang akan di lakukan pada 28 Januari 2021, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sampang, Tegaskan Vaksinasi aman untuk kesehatan.

Menurut pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sampang, Agus Mulyadi mengatakan, Vaksin Covid-19 yang sudah berada di kabupaten Sampang sudah melalui uji coba.

“Sehingga dari hasil uji coba itu sudah dideskripsikan bahwa Vaksin tersebut aman untuk digunakan,” jelasnya Rabu (27/1/21). Namun pihaknya juga tidak menyangkal bahwa ada gejala yang di timbulkan usai mendapatkan Vaksin jenis tersebut.

Gejala yang di timbulkan menurutnya tergolong ringan dan tidak menyebabkan gejala sedang apalagi berat. “Berdasarkan hasil uji coba gejala yang ditimbulkan itu ringan, hanya demam biasa,” ungkapnya.

Masih menurutnya, gejala demam itu merupakan hal yang wajar karena gejala tersebut merupakan kompensasi dari tubuh untuk mendeteksi adanya benda asing.

“Karena Vaksin ini kan benda asing yang masuk ke tubuh, sehingga tubuh akan mendeteksi dan menstimulasi untuk memunculkan antibodi, jadi reaksi demam biasa itu wajar,” paparnya.

Namun selain gejala demam ringan, juga ada yang tidak menimbulkan gejala sama sekali jadi masing-masing bervariasi. Jadi untuk mengatasi hal itu pihaknya menyarankan untuk beristirahat terlebih dahulu, mengonsumsi makanan yang seimbang, dan minum air putih yang banyak.

Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak mempercayai informasi dan huru-hara yang tidak jelas. Karena menurutnya selama ini berdasarkan hasil uji cobanya tidak menyebabkan kematian, hanya dari hasil laporan dari berbagai daerah itu menimbulkan demam ringan.

Sekedar diketahui, Dinas Kesehatan Sampang menerima 1480 Dosis Vaksin Covid-19 jenis Sinovac yang akan digunakan untuk Program Vaksinasi ke seluruh tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Sampang. [lis]

Tags: