Dinas Kominfo Dukung OKK PWI Sidoarjo, Lahirkan Wartawan Profesional

Sekretaris Dinas Kominfo Kab Sidoarjo, Sulistyanto, saat memberi sambutan dalam kegiatan OKK PWI Sidoarjo. [alikusyanto/bhirawa].

Sidoarjo, Bhirawa.
Dinas Kominfo Kabupaten Sidoarjo sangat mendukung kegiatan Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK ), yang digelar PWI Sidoarjo, Rabu (6/12) kemarin, agar bisa melahirkan para wartawan yang profesional.

Demikian disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Sidoarjo, Sulistyanto, yang membacakan sambutan dari Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sidoarjo, Dra Noer Rochmawati MSi, dalam kegiatan OKK PWI Jatim angkatan ke-X, yang digelar PWI Sidoarjo, di ruang delta graha Setda Sidoarjo.

Disampaikannya, kalau selama ini PWI Sidoarjo telah memberikan kontribusi nyata dan positif dalam ikut mengawal pelaksanaan pembangunan yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Dalam Kegiatan OKK, kemarin, diikuti oleh puluhan wartawan anggota PWI Sidoarjo dari media cetak, elektronik dan online.

Mereka juga sempat diminta mengisi lembar pertanyaan terkait tugas-tugas kewartawanan.

Hadir khusus dalam OKK PWI ini, Ketua PWI Jawa Timur, Lutfil Hakim, yang mengatakan secara umum kegiatan OKK tersebut sebagai salah satu syarat awal wartawan untuk bisa bergabung sebagai anggota PWI. Namun demikian, OKK juga diharap akan bisa sebagai refleksi masing-masing individu sebagai insan pers.

Ketua PWI Sidoarjo, Mustain, berharap OKK PWI Jawa Timur angkatan ke-X itu, akan bisa meningkatkan pengetahuan para anggota PWI Sidoarjo tentang keorganisasian PWI.

“Kita harap juga bisa untuk mengukur kembali dan mempertajam kaidah kejurnalistikan insan pers di Kabupaten Sidoarjo,” kata wartawan Harian Bangsa tersebut.

Dalam OKK ini, dihadirkan dua emateri dari PWI Jatim. Diantaranya, Machmud Suhermono , yang juga Wakil Ketua PWI Jawa Timur, yang menyampaikan materi mengenai PD/PRT PWI, UU Nomor 40 Tahun 1999, Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA), Pedoman Pemberitaan Media Siber (PBMS) hingga aturan pers terkait UU ITE.

Sedangkan Ketua Dewan Kehormatan PWI Jawa Timur, Djoko Tetuko , menyampaikan materi terkait kode etik jurnalistik PWI, kode etik jurnalistik Dewan Pers, Kode Perilaku Wartawan hingga Tupoksi Dewan Kehormatan PWI. (kus.gat)

Tags: