Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo Launching Kalender Event Wisata

Bupati Dadang Wigiarto didampingi jajaran Forkopimda, Sekda Syaifullah dan Kadispar Tutik Margiyanti saat melaunching kalender event wisata Situbondo sepanjang tahun 2020. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Pemkab Situbondo melalui Dinas Pariwisata (Dispar) memiliki sejumlah event paket wisata unggulan sepanjang tahun 2020 ini. Agar event wisata itu dikenal luas hingga nasional dan dunia, Bupati Situbondo bersama jajaran Forkopimda melaunching event tersebut di alun alun Kota Sabtu malam (8/2). Ikut hadir diantaranya Sekda Syaifullah, anggota DPRD serta Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo Tutik Margiyanti.
Pengamatan Bhirawa, launching event wisata sengaja digelar secara bersamaan dengan peringatan Imlek atau Tahun Baru Cina 2571. Event akbar ini melibatkan Xi Hua Situbondo Huaren hasil kerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Dewan Kesenian Situbondo. Suasana launching kelender event wisata Kabupaten tahun 2020 berjalan semarak karena dikunjungi ribuan masyarakat Kota Santri Situbondo.
Kadis Pariwisata Kabupaten Situbondo Tutik Margiyanti menegaskan, semarak imlek mengambil tema ‘Bersama Kita Bisa’ dengan melibatkan keluarga besar komunitas Tionghoa Situbondo. Kegiatan Imlek ini, aku Tutik, juga diisi dengan kesenian khas Situbondo seperti tari landung, barongsai, vocal group, tarian anak, line dance cha cha, penampilan solo Mandarin serta line dance chili cha cha. “Terakhir, acara launching diresmikan Bupati dengan pesta kembang api yang dilanjutkan tausiah kebangsaan yang dikupas ustadz Oei Cin Hai atau Muhammad Nasrullah,” aku Tutik Margiyanti.
Sementara itu Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengatakan, pihaknya yakin banyaknya event pariwisata di Kabupaten Situbondo akan dapat mengangkat pertumbuhan ekonomi masyarakat dan bidang pariwisata di Kabupaten Situbondo. Melalui event ini pula, ujar Bupati dua periode itu, wisata andalan Situbondo akan cepat di kenal luas kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. “Event seperti ini akan mengangkat taraf ekonomi masyarakat Situbondo kedepan,” tandas Bupati Dadang.
Bupati Dadang menambahkan, jika masyarakat ingin berpartisipasi dalam dunia pariwisata sebenarnya cukup mudah. Salah satu caranya, ucap dia, masyarakat rajin ikut mempromosikan destinasi wisata kebanggaan milik Kabupaten Situbondo dengan menggunakan media sosial dan jaringan yang lain.
Di mata Bupati Dadang, melalui partisipasi atau dukungan masyarakat dalam pengenalan dunia pariwisata Kabupaten Situbondo akan lebih mudah diketahui publik. “Ini akan ikut menentukan meningkatnya pengunjung datang ke Kabupaten Situbondo,”ungkap Bupati Dadang.
Agar pariwisata di Kabupaten Situbondo semakin maju, sambung Bupati Dadang, seyogianya Pemerintah bersama masyarakat berjalan beriringan dan selalu kompak mempromosikan destinasi wisata yang telah disediakan Pemerintah Kabupaten Situbondo.
“Saat ini ada 13 destinasi wisata andalan yang ada di Kabupaten Situbondo. Tempat tempat wisata itu telah di bangun oleh pemerintah. Misalnya seperti wisata Kampung Blekok yang telah mendapat penghargaan wisata alam terbaik di Jawa Timur. Lalu ada wisata Kampung Kerapu yang mendapat atensi dari Presiden Joko Widodo serta wisata Pantai Pasir Putih yang telah di bangun hotel mewah,” beber Bupati Dadang.[awi]

Tags: