Dinas Perpus Jatim Munculkan Inovasi Laskar Majapahit

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Supratomo. [rachmad caesar]

Pemprov, Bhirawa
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur melakukan inovasi yang kedepan dan akan dikembangkan adalah Laskar Majapahit (Laboratorium Sisten Kearsipan: Masyarakat Jawa Timur Peduli Arsip bernilaiguna Historis).
Menurut Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Supratomo, melalui inovasi ini diproyeksikan menjadi program inovasi strategis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jawa TImur di tahun 2021.
“Dengan inovasi ini akan menguatkan kinerja menjadi lembaga yang edukatif, promotif, inspiratif, dan kreatif dalam penyediaan fasilitasi uji kompetensi, pengujian sistem pengelolaan arsip berbasif teknologi Informasi dan manual, praktikum tata kelola arsip bagi pelajar dan mahasiswa, maupun praktisi kearsipan dan fungsi laboratorium lainnya,” katanya.
Sebelumnya, dikatakannya, inovasi ini merupakan bagian dari program Pemberlanjutan Pengembangan Inovasi Strategis dalam pelayanan Publik. Program strategis ini untuk mendukung komitmen Gubernur Jawa Timur dalam Nawa Bhakti, yang diantaranya, Jatim Cerdas, Jatim Kerja dan Jatim Amanah.
Tujuannya program ini untuk meningkatkan dan menguatkan komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam memberikan layanan terbaik yang inovatif, inspiratif dan edukatif kepada masyarakat tanpa diskriminasi.
Kegiatannya dilakukan melalui penguatan kualitas kegiatan, pengembangan inovasi yang sudah dilaksanakan sekaligus membangun ide-ide dan inovasi baru yang belum pernah dilaksanakan sebelumnya dan memperbaharui inovasi yang belum terkelola dan dijalankan sesuai dengan standar indikator pengukuran inovasi.
Beberapa Inovasi yang akan terus dilanjutkan antara lain Inovasi WARAS (WIsata Arsip Untuk Anak Sekolah) melalui inovasi E-WARAS dan Arsip Virtual; Inovasi REST AREA (Restorasi Arsip Aset Desa), GITARKU SMART (Digitalisasi Arsip Register Kelulusan Siswa SMA dan Sederajat), Inovasi Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip (FKMSA). [rac]

Tags: