Dinas PU Tuban Dilaporkan ke Polres

Ir.H. Kholiq Qunaisih, Kepala Dinas PU Pemkab Tuban. (Khoirul Huda/bhirawa)

Ir.H. Kholiq Qunaisih, Kepala Dinas PU Pemkab Tuban. (Khoirul Huda/bhirawa)

Tuban, Bhirawa
Dinilai telah menghambur-hamburkan uang negara terkait dengan proyek Pembangunan Air Bawah Tanah ( ABT), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemantau Keuangan Negara (PKN) melaporkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban, dilaporkan kepada Polres Tuban terkait dugaan korupsi senilai Rp 10 Miliar.
Dugaan indikasi korupsi yang dilakukan Dinas PU tersebut pada paket pekerjaan pembangunan sarana dan prasarana air bersih dan Pembangunan Air Bawah Tanah (ABT). Pekerjaan tersebut dilakukan dengan memakai anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) di tahun 2013 dan 2014.
Laporan LSM PKN yang beralamatkan di jalan Caman Raya No 7 Jatibening Bekasi ini diterima terima pihak Polres Tuban pada tanggal 17 Nopember yang lalu. “Proyek  itu dikerjakan dengan memakai APBD Tuban di tahun 2013 dan 2014 yang lalu,” kata Iskandar Ketua LSM PKN (19/11).
Menurutnya, puluhan bangunan ABT dan sarana prasarana air di wilayah Kabupaten Tuban saat ini tidak berfungsi atau tidak bermanfaat bagi masyarakat. Sehingga bangunan tersebut menjadi barang rongsokan dan mesin maupun alat peralatannya banyak yang berkarat dan ada yang hilang, sehingga Negara dirugikan kurang lebih sekitar Rp 10 miliar.
Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Guruh Arif Dharmawan, membenarkan telah menerima laporan dari pihak PKN. Hingga kini masih dalam proses penyelidikan terkait laporan dan masalah tersebut. “Saya sudah menerima surat tersebut dan saat ini sedang ditindak lanjuti dengan melaksanakan lidik,” jelas Kapolres Tuban ini. [hud]

Rate this article!
Tags: