Dinas PUPR Kabupaten Jombang Normalisasi Kali Jombang Kulon

Normalisasi Kali Jombang Kulon di Desa Jombang dan Desa Sambong Dukuh, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang oleh Dinas PUPR Kabupaten Jombang.

Jombang, Bhirawa
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Jombang melaksanakan kegiatan normalisasi sungai di Kali Jombang Kulon yang masuk wilayah Desa Jombang dan Desa Sambong Dukuh, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.

Normalisasi ini dilakukan sepanjang sekitar 1,6 kilometer, terdiri dari 1.100 meter di Desa Sambong Dukuh, dan 450 meter dilaksanakan di Desa Jombang yang menyasar walet/sedimentasi setebal 1,10 meter dengan lebar sungai 7 meter.

Kepala Bidang (Kabid) Sumberdaya Air (SDA) Dinas PUPR Kabupaten Jombang, Sultoni menjelaskan, normalisasi Kali Jombang Kulon dilakukan berdasarkan permintaan dari pihak Desa Sambong Dukuh, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang.

“Tidak bisa kita laksanakan di awal tahun, karena kondisi masih hujan. Karena sekarang sudah tidak turun hujan, baru bisa kita laksanakan,” kata Sultoni, Selasa (09/08/2022).

“Akhirnya kita laksanakan di dua desa itu, Desa Jombang sama Desa Sambong Dukuh. Permohonannya berdasarkan dari Desa Sambong. Akhirnya untuk Desa Jombang kita kerjakan sekalian karena selama ini sedimen di situ sulit kita atasi,” papar Kabid SDA Dinas PUPR Kabupaten Jombang.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak desa, akhirnya kegiatan normalisasi Kali Jombang bisa dilaksanakan oleh Dinas PUPR Kabupaten Jombang, dan normalisasi telah selesai dan tuntas.

“Kurang lebih 1,6 kilometer total panjangnya,” jelas Sultoni. Sultoni menambahkan, normalisasi dilaksanakan bertujuan mengatasi keluhan masyarakat di sekitar terkait adanya potensi genangan air atau banjir yang biasanya terjadi di area pemukiman warga di lokasi tersebut akibat dari sedimentasi yang menyebabkan arus air terhalang.

Normalisasi juga bertujuan untuk mengurangi dampak genangan air di kawasan perkotaan, terutama di kawasan Kali Jombang Kulon.

Setelah Kali Jombang Kulon dilakukan normalisasi, Kabid SDA Dinas PUPR Kabupaten Jombang berharap kepada masyarakat sekitar untuk tidak membuang sampah ke sungai, karena hal tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya sedimentasi dan sumbatan-sumbatan di Kali Jombang Kulon.

“Kalau kita lihat hasil sedimennya memang bercampur antara tanah dengan sampah-sampah anorganik,” pungkasnya. [rif.adv]

Tags: