Dinkes Kabupaten Tulungagung Sudah Data ASN Divaksin Covid-19

Aparat Satpol PP Kabupaten Tulungagung termasuk yang pertama akan divaksin Covid-19 tahap dua yang rencana vaksinnya tiba di Tulungagung pada Senin (22/2) sore.

Tulungagung, Bhirawa
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung sudah melakukan pendataan seluruh ASN di Kabupaten Tulungagung yang akan disuntk vaksin Covid-19 pada tahap dua. Penyuntikan vaksin tersebut bakal dilakukan setelah vaksin tiba di Tulungagung.

Kepala Dinkes Tulungagung, dr Kasil Rohmad, Senin (22/2), mengungkapkan Dinkes Kabupaten Tulungagung sudah menerima data pelayan publik termasuk ASN yang akan divaksinasi Covid-19. “Data yang kami terima sebanyak 225 ribu lebih. Melebihi yang diperkirakan sebelumnya yang 32 ribu,” ujarnya.

Melonjaknya jumlah yang akan divaksin Covid-19 itu, menurut dr Kasli Rohmad, karena tidak hanya pelayan publik yang menjadi sasaran vaksinasi tahap dua. Tetapi juga ada lansia, tokoh agama dan tokoh masyarakat. “Sehingga semuanya untuk tahap dua terdata 225 ribu lebih,” terangnya.

Ia memperkirakan pula proses vaksinasi tahap dua akan berlangsung sampai bulan Mei 2021. Namun jika kedatangan vaksin di Kabupaten Tulungagung secara bertahap lancar, proses vaksinasi bisa berlangsung lebih cepat.

“Saat ini saja ada keterlambatan untuk memulai vaksinasi tahap dua. Seharusnya kan minggu kemarin. Keterlambatanan ini karena belum tersedianya vaksin di Tulungagung, sehingga jadi mundur,” paparnya.

Diakui pria yang pernah menjabat sebagai Ketua IDI Tulungagung ini sampai saat ini pun belum ada data sasaran penerima vaksin tahap dua dari pemerintah pusat pada Dinkes Kabupaten Tulungagung. “Kalau belum juga ada data dari pusat, kami akan gunakan data yang sudah masuk ke Dinkes Tulungagung. Data tersebut untuk jaga-jaga,” tuturnya.

Sebelumnya, Dinkes Kabupaten Tulungagung melakukan pendataan target sasaran pelayan publik untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Kabupaten Tulungagung. Beberapa lembaga yang dimintai data di antaranya, Polres Tulungagung, Kodim 0807 Tulungagung, DPRD Tulungagung, OPD lingkup Pemkab Tulungagung Terminal Tulungagung, Stasiun Tulungagung, pedagang pasar, tokoh agama, tokoh masyarakat, lansia dan perbankan.

Menjawab pertanyaan, dr Kasil Rohmad menyatakan vaksin covid-19 tahap dua sesuai rencana akan tiba di Tulungagung pada Senin (22/2) siang atau sore. Ia menyebut vaksin yang akan tiba kembali di Kota Marmer tersebut berjumlah 1.640 vial atau sekitar 13.800 dosis.

“Kalau siang atau sore ini datang maka penyuntikan vaksin Covid-19 tahap dua secara serentak yang didahului di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso dan Pasar Ngemplak baru akan dimulai besok, Selasa (23/2),” paparnya.

Sampai berita ini ditulis, vaksin Covid-19 tahap dua untuk Kabupaten Tulungagung masih dalam perjalanan menuju Tulungagung. Kabar yang diterima Dinkes Kabupaten Tulungagung menyebutkan vaksin dikirim dari Surabaya pukul 13.00 WIB bersamaan dengan pengiriman ke Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto. (wed)

Tags: