Dinkes Kota Batu Kejar Target Tuntaskan Vaksinasi Nakes

Petugas kepolisian nampak terus mengawal pengiriman Vaksin Covid-19 tahap kedua di Kota Batu, Jumat (29/1). (Anas Bahtiar/ Bhirawa)

Kota Batu,Bhirawa
Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Batu melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus berupaya mengejar target penyelesaian penyuntikan vaksin Covid-19 untuk para tenaga kesehatan (nakes) yang bekerja di rumah sakit.

Hal ini ditegaskan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Batu, dr Susan Indahwati menyusul sampainya pengiriman vaksin Covid-19 tahap kedua di Kota Batu, Jumat (29/1) siang.

“Akan kita lakukan (penyuntikan vaksin kepada nakes) pada hari Sabtu (beso) dan Minggu (lusa). Kita targetkan 2 Februari tahun 2021 sudah semua vaksin disalurkan semua,” ujar Susan, Jumat (29/1).

Diketahui, satu kardus Vaksin Covid-19 berisi 1840 vial diserah terimakan oleh dr Itami Krisnawati, staf Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinkes Provinsi Jatim kepada Kasi Kefarmasian dan Pengawasan Keamanan Makanan Dinas Kesehatan Kota Batu, Dyan Lindawati.

Adapun pengiriman vaksin tahap kedua ini diperuntukan untuk dua kali penyuntikan kepada 920 tenaga kesehatan yang ada di Kota Batu.
“Hari ini pengiriman tahap kedua ditujukan untuk 920 tenaga kesehatan. Begitu alokasi pertama habis, langsung kita lanjutkan ke alokasi kedua ini,” jelas dr Susan.

Diketahui, untuk pengirman vaksin tahap pertama lalu, Kota Batu mendapatkan 1260 vial untuk 630 tenaga kesehatan. Dan hingga saat ini proses penyuntikan masih terus berlangsung dan belum tuntas.
Artinya, hingga saat ini sudah tersedia vaksin untuk 1550 nakes dari 2403 tenaga kesehatan Kota Batu yang diajukan mendapatkan vaksin.

Pengiriman Vaksin Covid-19 tahap kedua ini langsung dibawa ke gudang obat milik Pemkot Batu yang berada di Puskesmas Batu, Jl Samadi. Dalam proses pengiriman ini mendapatkan pengawalan satu tim Brimob bersenjata lengkap dan menggunakan kendaraan taktis (rantis).(nas)

Tags: