Dinkes Kota Batu-Kodim 0818 Gelar Vaksinasi di Hotel Berbintang

Suasana vaksinasi Covid-19 yang digelar Kodim 0818 dan Dinkes Batu bertempat di hotel el Royal Batu, Kamis (29/7).

Kota Batu,Bhirawa
Kamis (29/7) pagi, ratusan warga Kota Batu mendatangi hotel el-Royal yang berada di Jl Panglima Sudirman. Namun kedatangan mereka bukan untuk berdemo melainkan untuk menjalani vaksinasi Covid-19 yang digelar Kodim 0818 Malang – Batu bersama Dinas Kesehatan Kota Batu.

Pelaksanaan vaksinasi dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Sebagai penyelenggara, pihak Kodim dan Dinkes menempatkan petugasnya untuk melakukan pengawasan langsung. Mereka dengan tegas mewajibkan peserta vaksinasi memakai masker dan mematuhi aturan jaga jarak.

“Vaksin yang diberikan hari ini adalah vaksin yang didistribusi melalui TNI, bukan yang didistribusi melalui Dinas Kesehatan. Vaksinasi kali ini menyasar untuk 310 sasaran,” ujar drg Kartika Trisulandari, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, Kamis (29/7).

Ia menjelaskan dari hasil kerja sama dengan TNI, pihaknya telah tiga kali menggelar vaksinasi. Pertama dilaksanaan di pendopo rumah dinas walikota. Kedua, di puskesmas dan beberapa rumah sakit. Dan ketiga di hotel el Royal kemarin.

“Saat ini total distribusi vaksin dari TNI sudah mencapai sekitar 1.370-an,” tambah Kartika.

Sementara itu untuk kegiatan vaksinasi secara menyeluruh di tingkat Kota Batu, target sasaran yang sudah tercapai sekitar 149,7 ribu sasaran. Jumlah tersebut sama dengan 26,7 persen dari 70 persen populasi penduduk Kota Batu.

Menurut Kartika, sesuai rundown awal, vaksinasi yang mulai dilakukan pada Februari 2021 akan selesai pada Maret 2022. Tetapi batas waktu tersebut tergantung juga pada kecepatan distribusi vaksin.

“Kalau untuk kita saat ini belum ada distribusi baru. Kemarin baru ada sekitar tambahan 250 dosis. Rencananya (vaksinasi) akan dilakukan di puskesmas,” ujar Kartika.

Sementara, Komandan Kodim (Dandim) 0818 Malang- Batu, Letkol (inf) Yusub Dody Sandra mengatakan pihaknya saat ini menargetkan bisa melaksanakan vaksinasi untuk 18 ribu orang. Dari jumlah tersebut, 40 persen untuk warga Kota Batu dan 60 persen untuk warga Kabupaten Malang.

“Sekarang vaksinnya sudah ada (sudah di Kodim 0818). Jadi masyarakat tidak perlu khawatir tidak bisa mendapatkan vaksin,”ujar Yusub.

Ia menjelaskan bahwa vaksin yang tersedia di kodim saat ini adalah untuk vaksinasi tahap pertama. Karena itu warga yang belum mendapatkan vaksin bisa segera mendaftarkan diri ke Pemerintah Desa, ataupun di RT masing- masing.

“Setelah mendaftar, warga silahkan menyesuaikan dengan jadwal vaksinasi yang dibuat Kodim 0818- Dinkes, dan jangan sampai mengembang (datang terlambat/ tidak sesuai jadwal),”pesan Dandim.(nas)

Tags: