Dinkes Kota Malang Periksa Penjual Takjil

takjil 250809Kota Malang, Bhirawa
Untuk memastikan penjualan ta’jil tidak menganggu kesehatan masyarakat  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang bakal melakukan pemeriksaan terhadap sampel makanan yang dijual di pasar takjil selama Ramadan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Asih Tri Rachmi, kepada wartawan Kamis (3/7) kemarin mengemukakan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan makanan yang dijual di pasar takjil.
Hal itu untuk memastikan jika makanan yang dijual oleh pedagang tidak mengandung zat tertentu yang membahayakan kesehatan konsumennya. “Pemeriksaan itu wajib dilakukan oleh pihak Dinkes guna mencegah adanya bahan makanan berbahaya yang dijual ke konsumen. Dinkes akan mengambil sampel  makanan untuk selanjutnya diilakukan uji laboraturium di Dinas Kesehatan,” kata Asih.
Sejumlah titik yang akan dipantau tim khusus dari Dinkes, di antaranya kampung Ramadan di kawasan Soekarno-Hatta,Pasar takjil di kawasan Jalan Sulfat, Pasar takjil di Sawojajar, dan sejumlah tempat lainnya. “Tim kami akan segera turun untuk mengambil sampel makanan ataupun minuman, karena yang dijual oleh pedagang adalah  aneka minumam, dan makanan untuk berbuka puasa, jadi kami akan mengambil langsung terus kami bawa ke laboraturium,” ujarnya.
Uji laboraturium untuk   makanan yang dijual di pasar ta’jil, sambung Asih, dilakukan untuk mengetahui kandungan yang digunakan dalam bahan makanan yang dijual pedagang. Sebab jika kandunganya membayakan pasti akan merugikan masyarakat. [mut]

Tags: