Dinkop Banyuwangi Gelar Sosialisasi Market Place

Kegiatan sosialisasi Market Place bagi UMKM di Ruang Minakjinggo Pemkab Banyuwangi.

Kegiatan sosialisasi Market Place bagi UMKM di Ruang Minakjinggo Pemkab Banyuwangi.

Banyuwangi, Bhirawa
Empat puluh lima pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Selasa (15/03) siang mengikuti program sosialisasi Market Place, yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi (Dinkop) dan UMKM di ruang Minakjinggo Pemkab Banyuwangi.
Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Banyuwangi Alief Rachman Kartiono, salah satu tujuan digelarnya program sosialisasi Market Place adalah untuk mengenalkan manfaat dunia maya bagi pemasaran produk yang dihasilkan para pelaku UMKM Banyuwangi.
Selanjutnya Alief menambahkan program yang digelar merupakan realisasi dana Corporate Social Responsibility (CSR) Bank BNI 46 untuk membantu pelaku UMKM dalam memanfaatkan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dalam membantu pemasaran produk UMKM Banyuwangi khususnya bagi relasi dan jaringan BNI 46.
“Ini adalah inovasi dan terobosan bupati Banyuwangi dalam membantu pelaku UMKM yang merupakan langkah awal dan kami menyadari satu kali pertemuan tentunya belum cukup, makanya ke depan ada program lanjutan,” ujar Alief.
Lebih lanjut pria berkaca mata minus itu menambahkan, dengan mengikuti program sosialisasi Market Place, pihaknya berharap para pelaku UMKM mampu memanfaatkan untuk memasarkan aneka macam produk yang dihasilkan bagi pasar yang lebih luas.
Ke depan, lanjut pria bertubuh subur itu, pihak BNI 46 dengan CSRnya akan terus melakukan program pendampingan dan bantuan bagi pelaku UMKM dalam menjalankan usaha mereka. Menurut mantan camat Wongsorejo tersebut, ada beberapa kelemahan pada pelaku UMKM, antara lain; managemen usaha, pemasaran produk, mutu dan kualitas produk serta kemasan (packing) dan permodalan.
“Peserta sosialisasi program Market Place ini merupakan pelaku UMKM yang tergabung dalam asosiasi dan merupakan Pilot Project inovasi dan terobosan pemkab Banyuwangi dalam membantu mengembangkan dan meningkatkan pemasaran produk UMKM untuk bersaing dalam pasar global,” jelas Alief R Kartiono. [mb12]

Tags: