Dinsos Jatim Berikan Pelatihan Jurnalistik Pada Relawan Sosial

Pemprov Jatim, Bhirawa
Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur memberikan Bimbingan Tekhnis Jurnalistik bagi Relawan Sosial sebagai pembekalan kemampuan dan keterampilan tekhnis dasar jurnalistik, selama dua hari (26/3) dan (27/3) di Surabaya.

Nantinya relawan sosial mampu mengemas berita tentang kesejahteraan sosial secara cepat, tepat, akurat dan benar untuk memerangi HOAX atau berita bohong yang rentan tersebar di masyarakat.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Dr H Alwi MHum menyampaikan, adanya pelatihan jurnalistik ini, dikarenakan semakin banyaknya permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat yang harus dilayani dan diselesaikan oleh pilar-pilar sosial sebagai unsur masyarakat yang paling dekat.

“Karenanya pilar-pilar sosial sebagai Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) perlu dibekali keterampilan jurnalistik, agar dapat mengikuti arus media sosial dengan baik dan benar,” ujarnya.

Ditambakannya, arus informasi yang begitu kuat serta perkembangan teknologi yang tak terbendung lagi menjadi permasalahan yang cukup serius jika tidak di manfaatkan dengan baik.

Untuk itulah, penyampaian informasi dengan media yang tepat untuk disebarluaskan kepada masyarakat luas sangat penting untuk membangun kesadaran (awareness) publik/masyarakat bahwa pembangunann kesejahteraan sosial membutuhkan peran aktif semua lapisan masyarakat.

“Kita perlu memikirkan bagaimana mengelola suatu media massa khususnya media sosial agar kita dapat menginformasikan isi pesan secara jelas dan dapat mempersuasi,” katanya.

Sementara untuk narasumber pada kegiatan Bimbingan Tekhnis dasar Jurnalistik Publikasi Kesejahteraan Sosial bagi Pilar-pilar Sosial yang berlangsung selama dua hari itu, antara lain dari Fakultas Ilmu Komunikasi UNAIR dengan materi Pentingnya Publikasi Kesejahteraan Sosial.

Kemudian, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSA Materi Publikasi Pembangunan Kesejahteraan Sosial melalui Media Sosial. Dilanjutkan Pimpinan Redaksi Harian Bhirawa, Wahyu Kuncoro ST M Medkom dengan materi Menggali Ide Berita dan Tekhnis Reportase Wawancara

Kemudian dari PPID dan Humas Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur juga memberikan materi seputaran Tekhnik Dasar Fotografi dalam Jurnalistik di Media Sosial.

Peserta kegiatan Bimbingan Tekhnis Jurnalistik Bagi Pilar-Pilar Relawan Sosial berjumlah 88 orang terdiri diri Koordinator TKSK, Koordinator TAGANA, Koordinator Karang Taruna, Koordinator Relawan Pensosmas, Koordinator PKH, Koordinator PSM, dan Tenaga Jurnalis Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. [rac]

Tags: