Dinsos Jatim Gelar Rakor TKSK dan Peningkatan SDM PKH

Pemprov Jatim, Bhirawa
Dinsos menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan (SDM PKH) di Surabaya, kemarin.

Rakor itu menyikapi pandemi covid-19 yang berdampak pada masyarakat sehingga perlu ada pemulihan ekonomi dengan beragam bantuan yang telah dikucurkan.

Namun, diperlukan juga peran pendampingan dan monitoring hingga tingkat bawah yang melibatkan TKSK dan SDM PKH agar bantuan tepat sasaran dan dirasakan oleh seluruh masyarakat.

TKSK merupakan potensi yang dimana tugas, fungsi dan perannya semakin diperlukan dan merupakan mitra stategis pemerintah, dalam hal penanganan permasalahan sosial, pendampingan bantuan sosial dan mensukseskan program pemerintah dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, sehingga diperlukan kerjasama dan koordinasi yang baik dengan pemerintah mulai Pemerintah tingkat Kabupaten/ kota maupun Pemerintah Provinsi.

Selain TKSK, peran SDM PKH juga sangat penting karena menjadi ujung tombak pemerintah dalam pengentasan kemiskinan. SDM PKH harus terus mendorong pemberdayaan menjadi gerakan sosial untuk mempercepat penerima manfaat berdaya dan mandiri secara sosial ekonomi.

Kepala Dinsos Jatim, Alwi berharap adanya rakor TKSK maka ada kesamaan dukungan dari Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten/Kota dalam memperdayakan TKSK termasuk sharing permasalahan yang dialami TKSK dalam menjalankan tugas dan fungsinya di lapangan.

“Meningkatnya kinerja TKSK sesuai dengan tugas, peran dan fungsinya dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan mitra strategis pemerintah,” ujarnya.

Begitupula dengan peningkatan Kapasitas SDM PKH maka dapat membantu penurunan angka dan/atau memutus rantai kemiskinan di Provinsi Jawa Timur, kemudian bertekad untuk menjadi episentrum terhadap Program-program penanganan kemiskinan. “Menjadikan SDM PKH tetap mengedepankan perilaku Santun Integritas Profesional (SIP),” katanya.n [rac]

Tags: