Dinsos Jatim Lepas Kontingen Atlet Jambore Tagana

Pemprov, Bhirawa
Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur melepas para Atlet Jambore Tagana kontingen Jawa Timur di halaman kantor Dinas Sosial Provinsi Jatim, di Surabaya, Minggu (28/3). Pelepasan para atlet digelar dengan apel dipimpin langsung Moehammad Anas.
Saat menyampaikan sambutan, Kepala Bidang Perlindungan Sosial Bencana Alam Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Ir Moehammad Anas mengatakan. Terkait kategori Lomba Jambore Tagana tahun ini yang bertepatan dengan masa pandemi.
“Jambore kali ini digelar secara online atau Daring dan sebagian lagi secara offline. Di tahun – tahun sebelumnya Jatim selalu menjadi juara umum, maka kebiasaan juara umum ini harus diperjuangkan maksimal agar tidak beralih status pada provinsi lain,” katanya.
Di hadapan para atlet terlatih yang berjumlah 14 orang, Anas menanyakan kesanggupan untuk mempertahankan posisi Jatim sebagai juara umum. Dan serentak peserta menjawab dengan kata ‘Siap’.
Selain 14 orang atlet terlatih, Dinas Sosial Provinsi Jatim juga memberangkatkan enam orang tenaga pendamping dan seorang Perintis Tagana Jatim guna mendukung para atlet selama mengikuti tahapan lomba, yang pada tahun ini bertempat di Pangandaran Provinsi Jawa Barat.
Dari 14 atlet yang diberangkatkan tersebut terdiri dari dua tim yaitu, Tim Off Rescue PPGD Vertical Rescue dan Tim Online untuk lomba video Dapur Umum (DU), Posko dan Logistik.
Dikatakan Staf PSKBA Dinsos provinsi, Jatim Priyo Prasojo, dengan bekal pengalaman dan skill personal, sangat antusuias dan optimis pasukannya mampu mempertahankan gelar juara umum untuk Jawa Timur.
Optimisme serupa turut disampaikan Kortag Jatim, Twi Adi. Menurutnya, even ini bukan hal baru bagi kontingen Jatim dan setiap peserta memiliki mental juara yang kental sekali. ”Kami sangat optimis sekali dapat membawa pulang juara umum sebagaimana kebiasaan kami pada even – even Jambore sebelumnya,” tandasnya
Twi Adi menjelaskan, kesuksesan juga tak lepas dari dua hal ini, yaitu perjuangan dan doa, maka diharapkan kepada seluruh pihak mohon sambungan doanya agar kami dapat menyelesaikan tahapan – tahapan lomba dengan gampang dan gemilang.
Sebelum apel ditutup dengan pembacaan doa, pada penghujung sambutannya Anas juga menyampaikan pesan Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim, kepada para atlet dan pendamping agar tetap semangat mengikuti kegiatan Jambore, selalu jaga kesehatan dan tetap mentaati Prokes Covid 19, mengingat jarak tempuh perjalanan cukup jauh. ”Yang terpenting tetap jaga nama baik Jawa Timur, semoga juara umum tetap menjadi milik Jatim,” tandasnya. [rac]

Tags: