Direksi Jasa Marga Kunjungi Lokasi Longsor Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Subakti Syukur didampingi oleh Direktur Pengembangan Usaha, Arsal Ismail dan Enginering Planning Group Head, Johannes Mancelly mengunjungi lokasi longsor pada KM 06+200 (Arah Gempol) Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol.

Surabaya, Bhirawa
Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Subakti Syukur bersama Direktur Pengembangan Usaha, Arsal Ismail dan Enginering Planning Group Head, Johannes Mancelly telah melakukan kunjungan lokasi longsor pada KM 06+200 (Arah Gempol) Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol.

General Manager Representative Office 3 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Hendri Taufik mengungkapkan kehadiran Direktur Utama Jasa Marga ke lokasi tersebut untuk melakukan pengecekan langsung progres pekerjaan penanganan longsor.

“Sampai dengan saat ini telah dilakukan pemasangan bronjong keenam dan geotextile non woven lapis ketiga sebagai perkuatan tanah timbunan,” terangnya, Kamis (4/2).

Hendri menambahkan sesuai yang diinfokan sebelumnya, telah terjadi penurunan tanah pada bahu luar dan lajur lambat (L1) di KM 06+200 jalur A (segmen Dupak-Waru) Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol pada hari Senin (25/01) lalu yang diperkirakan disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi, sehingga menimbulkan jenuh air di bawah timbunan pada bahu luar dan lajur 1 lalu terjadi longsor susulan pada lokasi yang ditangani pada Selasa (26/01).

Sementara itu setelah penimbunan sirtu dijadwalkan akan dilakukan tahapan pekerjaan selanjutnya yaitu pengurugan agregat pilihan.

“Selama pelaksanaan pekerjaan, kendaraan bus dan truk diarahkan ke lajur paling kanan, sedangkan kendaraan kecil di lajur sebelah kirinya. Untuk membantu pemilahan kendaraan, selama 24 jam petugas melakukan kanalisasi dan pemilahan di sekitar 800 m sebelum lokasi longsora,” jelas Hendri.

Untuk itu Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya penanganan longsor dimaksud. “Kami mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol, tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan. Persiapkan diri dengan baik dan pastikan kendaraan anda dalam kondisi prima, serta selalu patuhi protokol kesehatan,” pungkas Hendri. [riq]

Tags: