Disabilitas Asal Papua Manfaatkan Bengkel Orthese Prothese Dinsos Jatim

Pemprov Jatim, Bhirawa.
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (UPT RSBD) Pasuruan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim memberikan layanan bengkel orthese prothese kepada masyarakat umum.

Pelayanan bengkel prothese orthese merupakan salah satu kegiatan yang masuk program inovasi Sabi Bisa! UPT RSBD Pasuruan. Bengkel ini dimaksudkan untuk melayani kebutuhan para penerima manfaat (PM), juga melayani masyarakat umum.

Salah satunya ada penyandang disabilitas dari Papua memanfaatkan layanan bengkel orthese prothese. Mereka ialah Joice dan Sisil. Dengan ditemani keluarga dan pendamping dari relawan Sedekah Rombongan (SR), Joice dan Sisil melakukan pengukuran kaki palsu di UPT RSBD Pasuruan.

Kedua pelajar ini mengaku baru pertama kali melaksanakan pengukuran kaki palsu. Sisil yang mengalami amputasi karena kecelakaan kebakaran saat usia balita, mengaku baru mengetahui bahwa ada pengganti kaki atau prothese.

“Saya sangat takjub dan tidak menyangka akan bisa berjalan seperti yang lain,” katanya.

Lain halnya dengan Sisil, Joice yang mengalami amputasi karena tumor tulang mengaku sedikit takut. Namun, instruktur prothese orthese, Sucipto meyakinkan dan memberikan pemahaman bahwa memang ini adalah hal baru bagi Joice, tapi akan sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah dilakukan pengukuran oleh Sucipto, dibantu pegawai tidak tetap dengan perjanjian kerja (PTT-PK), Fajar Agung Siwinarno melangsungkan proses selanjutnya ialah pembuatan. Lama pembuatan alat bantu ini tergantung dari tingkat kesulitan pengerjaan dan kebutuhannya.

Kadinsos Jatim melalui Kepala UPT RSBD Pasuruan Sri Marnani Indriastuti menyampaikan, “Bengkel orthese prothese yang dimiliki oleh UPT RSBD Pasuruan juga bekerja sama dengan lembaga-lembaga sosial dan swasta yang ada di wilayah Jatim, seperti SR ini.” katanya didampingi Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Sulistyani. [rac.gat]

Tags: