Disbudpar Jatim Akan Selenggarakan FKKS

377374_2248535736871_1352538353_32034866_2006438582_nDisbudpar Jatim, Bhirawa
Dalam waktu dekat, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim akan menyelenggarakan kegiatan yang dinanti masyarakat, yaitu Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) tepatnya dimulai pada 14 Juni 2014.
Penyelenggaraaan FKKS merupakan ajang dimana akan muncul segala kemungkinan dari potensi masing-masing daerah. Munculnya kemungkinan tersebut bisa berdampak terjadinya peluang ekonomi yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Hal ini dimungkinkan karena berbagai unsur budaya dan pariwisata berkumpul jadi satu dalam satu pagelaran FKKS. Seperti menigkatkan peran lembaga seni di daerah, menjadi daya tarik wisata, meningkatkan produktivitas, meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni dan budaya, meningkatkan kualtias para pelaku seni, dan lain sebagainya.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Dr. H. Jarianto, MSi mengatakan, adanya kegiatan seni budaya ini dapat memberikan angin segar bagi peserta khususnya daerah untuk mengeksplorasi kekayaan budanyanya agar dilihat dan diminati masyarakat.
” Ini adalah satu kesempatan bagi daerah untuk memperkenalkan keaneka ragaman potensinya kepada halayak. Dinama khalayak akan secara langsung menyaksikannya. Dan lebih daripada itu juga sebagai daya tarik wisata yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” terang Jarianto, Rabu (11/6)
Sementara dalam ajang itu setidaknya diikuti daerah yang berada di kawasan selatan Jawa Timur. Seperti Blitar, Banyuwangi, Jember, Situbondo, Kota Malang, Kabupaten Malang, Trenggalek, Tulungagung, hingga Pacitan.
Diharapkan, apresiasi masyarakat mencuat ketika kegiatan ini berlangsung. Sebab, banyak masyarakat juga menanti kehadiran event yang dilaksanakan hanya setahun sekali ini. Biasanya mereka datang dengan berbagai rombongan keluarga dan sanak family.
Sebab, dalam penyelenggaraan FKSS ini, biasanya terdapat berbagai hisan kereta-kereta yang menyuguhkan kesenian daerah masing-masing peserta pun diluncurkan. Dan iring-iringan rombongan pun mendapat apresiasi luar biasa oleh masyarakat. Dan tak pelak, petugas pun kuwalahan menertibkan masyarakat yang semakin membludak. [ rac]

Tags: