Disbudpar Lumajang Kembangkan Batik Libatkan Warga

Batik LumajangLumajang, Bhirawa
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lumajang menggandeng masyarakat secara langsung untuk terlibat dalam pengembangan motif batik Lumajangan khas Kabupaten Lumajang. Sejauh ini belum keluar dari mainstream. ”Pakemnya masih bernuansa potensi alam di Kota Pisang ini,” kata Indrijanto, SH Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lumajang.
Meskipun di dalamnya ada motif atau corak pisang, gunung semeru dan lainnya dengan warna yang ngejreng. ”Motif dan corak itu banyak dimunculkan para pegiat kerajinan batik di berbagai kampung batik di sejumlah Kecamatan,” imbuhnya.
Namun, lanjut Indrianto, saat ini motif dan corak Batik Lumajangan akan ditambah lagi khasanahnya. Caranya, salah satunya membuka kesempatan masyarakat, tidak hanya di Lumajang saja. ”Namun juga terbuka peluang bagi para pegiat design atau motif Batik dari berbagai daerah untuk memperkaya khasanah Batik Lumajangan ini,” ungkapnya.
Lebih jauh dikatakannya, kegiatan ini dalam bentuk lomba dalam rangka mengembangkan potensi batik di Lumajang sendiri, agar tidak terkesan lamban. Peluang untuk masyarakat bisa memperkara khazanah Batik Lumajangan ini, dibuka sejak 10 Oktober lalu dan ditutup 25 November mendatang. [yat]

Tags: