Diserbu Penambang, Pemkab Tinjau Tambang Emas di Kedewan

Foto: ilustrasi

Foto: ilustrasi

Bojonegoro, Bhirawa
Selain terkenal tambang minyak tradisional, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Jatim kini mulai dikenal sebagai tambang emas. Di Dusun Dangilo, Desa Hargomulyo memiliki kandungan deposit emas dan kini dalam proses eksplorasi penambang asal Gresik.
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Agus Supriyanto, Rabu (28/1) mengatakan, untuk kandungan emas di wilayah tersebut sudah diketahui sejak dulu kala. Buktinya, ada yang melakukan pendulangan emas.
“Penambang emas belum ada izin tambang rakyat untuk emas. Sebab izin itu hanya bisa dikeluarkan bila sudah ada bukti laporan eksplorasi secara akurat dan ilmiah tentang kandungan deposit mineral emas diwilayah itu,” jelasnya.
Disampaikan, dari penambangan tersebut belum di ketahui dampak apa yang ditimbulkan terhadap lingkungan bila digelar tambang emas oleh rakyat setempat. Dan untuk memastikan, pihaknya akan melakukan pengecekan di lapangan.
Sementara itu terpisah Kepala Badan Perizinan, Kamidin membenarkan adanya penambangan emas di wilayah tersebut. Akan tetapi pria mantan Kepala Satpol PP ini menegaskan sampai saat ini penambangan tersebut  belum ada izinnya.  “Tapi jika hasil eksplorasi sudah dilaporkan dan kandungan deposit emas dianggap layak untuk dieksploitasi, maka pihaknya bisa mengeluarkan izin operasional produksi,” terangnya.
Dan untuk memastikan kabar adanya tambang emas di Kedewan, Kepala Dinas ESDM, Badan Perizinan, BLH dan pejabat Pemkab melakukan pengecekan ke lokasi. Hasil sidak belum bisa disimpulkan karena sampai sekarang hasilnya masih belum ada. [bas]

Tags: