Dishub Bojonegoro Bagikan Pelampung untuk Penambang Perahu

PelampungBojonegoro, Bhirawa
Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro membagikan ratusan pelampung kepada sejumlah penambang perahu untuk membantu aktivitas mereka dalam jasa penyeberangan, Minggu (28/12). Upaya ini dilakukan setelah melihat tren Sungai Bengawan Solo terus meningkat dalam beberapa hari terakhir.
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro, Iskandar mengatakan bahwa pelampung yang dibagikan sebanyak 300 buah yang terdiri 150 left jacket (Jaket pelampung) dan 150 jenis ring boy (pelampung donat). “Pelampung ini dibagikan untuk 50 titik aktivitas penambang perahu tradisional,” ujarnya.
Menurut Iskandar dari sekitar 50 titik penyeberangan di wilayah Bojonegoro ini terdapat kurang lebih 78 perahu yang melakukan aktivitas penyebrangan. Jadi setiap perahu diberikan 4 pelampung yang terdiri dari 2 jenis pelampung jaket dan 2 jenis pelampung donat. “Pembagian pelampung itu merupakan langkah preventif untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan,” lanjutnya.
Pemberian peralatan keamanan ini, lanjut dia, dalam rangka menjamin keamanan para penumpang perahu sekaligus meminimalisir terjadinya kondisi yang tidak diinginkan. Menurut Iskandar, untuk pelampung jenis donat ini mampu menampung kapasitas 200 kilogram lebih, atau bisa digunakan untuk 4 orang.
Dijelaskan pula dari 78 perahu yang masih beroperasi setelah dilakukan pemantauan masih dalam kondisi yang laik jalan. “Namun meski laik jalan jangan sampai melebihi kapasitas muatan, karena akan berdampak buruk untuk keamanan transportasi sungai itu sendiri. Dalam artian ini tidak memenuhi standar apabila daya tampung melebihi kapasitas,” jelasnya.
Ditambahkan dari sekitar 50 titik penyeberangan di Bojonegoro ada tiga titik yang kondisinya padat yakni titik penyebarangan di Jalan Prajurit Abu Desa Ledokkulon, Daerah Trucuk selanjutnya titik penyeberangan di wilayah Pengkol.
Ditegaskannya setelah mendapatkan bantuan pelampung pihaknya akan sering melakukan inspeksi, jika ada penambang yang sudah mendapatkan bantuan namun tidak memasang peralatan keamanan pelampung ini maka akan mendapatkan sanksi dari Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro. [bas]

Tags: