Dishub Madiun Siapkan Bus Gratis Pemudik

216737_mudik-gratis-jasa-raharja_663_382Madiun, Bhirawa
Meski arus balik masih lama, Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, dalam hal ini Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), telah menyiapkan lima armada bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) untuk angkutan gratis arus balik. Lima armada bus yang dilengkapi AC tersebut disiapkan khusus untuk angkutan balik gratis rute Madiun-Surabaya. Sedangkan keberangkatannya, nanti H+6 atau pada tanggal 3 Agustus 2014.
Menurut Kepala Bidang Angkutan Darat Dishubkominfo Kota Madiun, Zawawi, tahun lalu pihak Pemkot hanya menyiapkan empat bus. Penambahan armada pada tahun ini, dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang ingin mengikuti program balik gratis. Pasalnya pada tahun lalu, belasan pendaftar tidak terakomodasi. Karena empat armada bus yang disiapkan dengan quota masing-masing 50 tempat duduk, sudah terpenuhi.
“Ada tambahan satu armada bus tahun ini. Karena tahun yang lalu itu ternyata animo masyarakat yang mendaftar sangat banyak. Karena di Kota Madiun sudah penuh, kita kerjasama dengan Kabupaten Madiun dan Magetan. Kita sarankan, bagi penumpang untuk mendaftar di dua wilayah itu,”kata Kepala Bidang Angkutan Darat Dishubkominfo Kota Madiun, Zawawi, kepada wartawan, Rabu (9/7).
Program rutin tahunan yang dilaksanakan Dishubkominfo tersebut, lanjut Zawawi, direncanakan masing-masing penumpang akan mendapat oeh-oleh sambel pecel untuk menunjang promosi khas Kota Madiun. Seperti tahun sebelumnya, Dishubkominfo kota Madiun hanya melayani balik gratis. Karena mudik gratis sudah dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Provinsi Jawa Timur.”Tahun-tahun sebelumnya kita memang hanya menyediakan balik gratis. Karena mudiknya sudah disiapkan oleh Dishub Jatim,”papar Zawawi. [dar]

Tags: