Dishub Tuban, Polres dan Organda Sterilisasi Kendaraan Masuk

Ketua Organda Kabupaten Tuban, M Ihsan Hadi saat membagian masker medis pada masyarakat yang mengunakan jasa kendaran umum yang melintas di Kabupaten Tuban.

Tuban, Bhirawa
Guna memustus matarantai penyebaram Virus Corono (Covid-19) di Kabupaten Tuban yang setiap hari jumlah masyarakat yang terpapar, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satlantas dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Tuban, menggelar sterilisasi Mobil Penumpang Umum (MPU), bus wisata dan antar kota yang beroperasi di wilayah Bumi Wali dengan menyemprot disinfektan.

Tak hanya melakukan penyemprotan disinfektan, Dishub, Organda dan Satlantas Polres Tuban ini juga membagikan 1.000 masker medis kepada sopir angkutan umum serta penumpang. “Semua kendaraan umum, baik MPU, Elf dan bus wisata, serta bus antar kota yang melintas di wilayah Tuban kami semprot dan kasih masker medis,” kata Ketua Organda Kabupaten Tuban, M Ihsan Hadi, Selasa (29/12).

Ketua Organda Kabupaten Tuban yang juga salah satu pengrus GP Ansor Kota Tuban ini menyampikan, kegiatan yang dilakukan tersebut juga bagian dari upaya dan bentuk dukungan pada Gugus Tugas dan Pemkab Tuban dalam memutus rantai penyebaran Virus Corona ini. Apalagi saat ini Kabupaten Tuban kembali masuk zona merah peta sebaran Covid-19 di Jawa Timur.

Selain itu, sebanyak 600an anggotanya juga selalu diedukasi agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mengenakan tetap masker. “Sekitar 600 an anggota selalu kita edukasi untuk mematuhi protokol kesehatan, semoga teman-teman sopir dan masyarakat selamat, tidak ada yang terkena wabah ini. Kita juga berharap Kabupaten Tuban bisa segera kembali dari zona merah ke zona hijau, sehingga aktifitas masyarakat bisa normal,” harap Ihsan Hadi.

Sementara itu, Ipda Sampir Santoso Kanit Diyaksa Satlantas Polres Tuban yang ikut dalam giat tersebut mengatakan, kalau penyemprotan disinfektan kepada MPU dan pembagian masker ini dilakukan dibeberapa titik. Masing-masing di utara Alun-alun Tuban, di Pasar Baru Tuban, jalan Gajah Mada, dan di Pos Patung Letda Sucipto, jalan Teuku Umar Tuban. “Ada tiga trayek yang menjadi sasaran penyemprotan dan pembagian masker ini. Dan kegiatan yang kita lakukan bersama ini sebagai bentuk pencegahan dari paparan Covid-19 di Tuban,” kata Ipda Sampir.

Sedangkan Plt Kepala Dinas Perhubungan Tuban, Gunadi sangat mengapresiasi kegiatan yang di motori oleh Oarganda Kabupaten Tuban. Dishub selalu memotivasi dan mengoptimalkan peran komunitas, paguyuban, organisasi kemasyarakatan di lingkup perhubungan untuk bersatu dan berpartisipasi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Menurutnya, dalam menanggulangi wabah Virus Corona ini tidak bisa dilakukan pemerintah sendiri, melainkan butuh kesadaran dan kepedulian bersama. Dishub juga terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan. Yakni tetap mengenakan masker saat beraktifitas, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta jaga jarak aman dan menghindari kerumunan. “Wabah ini tidak bisa diatasi sendiri oleh pemerintah. Untuk itu, peran serta masyarakat dalam membantu memutus penyebaran Covid-19 sangat dibutuhkan,” pungkas Plt Kepala Dinas Perhubungan Tuban, Gunadi.[hud]

Tags: