Disnak Sumenep Belum Deteksi Penyakit Ternak

Disnak SumenepSumenep, Bhirawa
Menjelang hari raya Idul Adha 2015, Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sumenep belum menemukan penyakit hewan ternak berbahaya, terutama sapi dan kambing. Kepala Disnak Sumenep, Arif Rusdi mengatakan, menjelang hari raya Idul Adha Disnak memang meningkatkan pengawasan kondisi kesehatan hewan ternak, utamanya sapi dan kambing.
Namun hingga saat ini belum ditemukan penyakit membahayakan yang menjangkit hewan ternak. “Kami juga belum menerima laporan atau informasi dari warga terkait adanya hewan ternak yang terkena penyakit berbahaya, seperti keguguran yang menular,” kata. Arif Rusdi, Rabu (16/9).
Rusdi menjelaskan, pemantauan secara intensif itu untuk memastikan hewan ternak, terutama sapi dan kambing tidak mengidap penyakit berbahaya sebelum disembelih. “Kami memastikan daging sapi dan kambing yang disembelih sebagai hewan kurban itu dalam kondisi sehat dan layak dikonsumsi,” tuturnya.
Dinas Peternakan Sumenep sengaja lebih fokus memantau kesehatan pada sapi dan kambing di pasar hewan dan tempat penjualan hewan khusus kurban yang disediakan pedagang dadakan menjelang hari raya Idul Adha 2015.
“Kalau di rumah potong hewan (RPH), memang sudah ada petugas khusus untuk mengecek kesehatan hewan ternak yang akan disembelih. Tapi hingga sekarang, belum ada laporan adanya penyakit hewan ternak berbahaya dari staf kami yang ada di lima RPH,” tegasnya. [sul]

Tags: