Disnaker Kabupaten Situbondo Rangkul Warga Ikut Pelatihan Keterampilan

Kadisnaker Kabupaten Situbondo Budi Priono didampingi Kabid Penempatan Tenaga Kerja Moh Zaini saat memberikan arahan pada acara pelatihan keterampilan di Desa Kilensari. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Guna ikut meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Santri, terutama warga terdampak Covid-19, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Situbondo mengadakan kegiatan pembinaan dan pelatihan keterampilan bagi kalangan tenaga kerja dan masyarakat Selasa (24/11). Kegiatan ini dilakukan dengan memberi pelatihan pembuatan kelengkapan protokol kesehatan (prokes) yang berasal dari dana silpa DBHCT.

Informasi Bhirawa menyebutkan, pelaksanaan kegiatan pelatihan keterampilan dipusatkan di Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Situbondo. Adapun jenis pelatihan yang diadakan meliputi pembuatan masker, face shield, tempat tisu modern dan aneka jenis lain.

Hadir langsung dalam acara tersebut di antaranya Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Situbondo Ir H Budi Priono, Msi, Kabid Penempatan Tenaga Kerja Mohammad Zaini serta Kasi Pengembangan dan Kesempatan Kerja Disnaker Situbondo Lina Yuriana Soeherman. Khusus peserta pelatihan dibatasi sekitar 20 orang karena saat ini berada dalam pandemi Covid-19.

Menurut Budi Priono, saat ini keberadaan kelengkapan protokol kesehatan sudah menjadi kebutuhan utama karena penyebaran virus korona masih ada. Dengan pelatihan keterampilan kerja, aku Budi Priono, diharapkan masyarakat memiliki inovasi dan kreatif secara mandiri.

“Selain itu dengan mengikuti pelatihan keterampilan ini kami yakin akan terbentuk suatu embrio yang dapat diketuk tularkan kepada elemen masyarakat yang lain,” ungkap mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Situbondo itu.

Dari kegiatan ini, lanjut Budi Priono, selain dapat menciptakan kreatifitas dan inovatif bagi warga, hasilnya dapat digunakan sendiri dan kelompok masyarakat lain sehingga mereka mendapatkan nilai tambah. H Budi menambahkan, kegiatan ini diyakini selain dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tingkat keluarga juga dapat meningkatkan perekonomian di tingkat Kabupaten Situbondo. “Meski saat ini ada kalangan masyarakat yang terdampak Covid-19, dengan memiliki keterampilan mereka akan bisa meningkatkan taraf ekonominya,” jelas Budi.

Terpisah, Kades Kilensari Wawan menimpali, dirinya bersama elemen masyarakat patut berterima kasih atas kepedulian Kantor Disnaker Kabupaten Situbondo dengan pelatihan keterampilan secara mandiri. Dengan mengikuti kegiatan ini, aku Wawan, masyarakat akan dapat menguasai pembuatan kelengkapan protokol kesehatan dimasa mendatang.

“Banyak sekali manfaat dari kegiatan pelatihan ini. Selain itu masyarakat akan memiliki tambahan ilmu dan pengalaman sehingga bisa mendongkrak perekonomian keluarga, masyarakat Desa Kilensari dan Kabupaten Situbondo,” pungkas Wawan.[awi]

Tags: