Disnaker Rangkul Diskominfo Gelar Sosialisasi Penyediaan Informasi Pasar Kerja Online

Kabid Penta Disnaker Kabupaten Situbondo Lina Yuriyana Soeherman mendampingi pemateri dalam kegiatan sosialisasi penyediaan informasi pasar kerja online. [sawawi/bhirawa].

Situbondo, Bhirawa
Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Situbondo mengadakan acara sosialisasi kegiatan pelayanan dan penyediaan informasi pasar kerja online dengan merangkul Diskominfo Kabupaten Situbondo. Kegiatan Sosialisasi Kegiatan Pelayanan dan Penyediaan Informasi Pasar Kerja Online melibatkan siswa-siswi SMKN 1 Panji, yang bertempat di Hotel Lotus, SMKN 1 Panji, Situbondo.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri Kepala Dinas Ketenagakerjaan Situbondo Didik Sulistiyono, Kepala Diskominfo Dadang Aries Bintoro, Kabid Penta Dinas Ketenagakerjaan Lina Yuriana Soeherman serta Kepala Sekolah SMKN 1 Panji Anik Sudiartini. Peserta yang ikut sebanyak 60 siswa-siswi yang merupakan lulusan SMKN 1 Panji Situbondo.

Menurut Kepala Dinas Ketenagakerjaan Situbondo Didik Sulistiyono, kegiatan sosialisasi ditujukan kepada siswa-siswi kelas XII dari berbagai jurusan. Mereka, aku Didik, diberi informasi perihal pasar kerja online dan ditargetkan menjadi wirausaha baru yang mandiri, produktif dan beretos kerja yang tinggi. “Adapun tujuannya untuk membantu program pemerintah daerah dalam upaya mengurangi angka pengangguran,” beber mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Situbondo itu.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Situbondo Dadang Aries Bintoro banyak memberikan pemahaman dan edukasi kepada para peserta supaya dapat mengakses informasi pasar kerja online yang asli atau tidak asli. “Bagi siswa-siswi yang sudah lulus sekolah agar bertekad kerja untuk meningkatan ekonomi masyarakat. Sebab para siswa akan menjadi entrepreneur yang handal dan sukses. Diharapkan nanti mampu memperkerjakan masyarakat yang ada di sekitar lingkungan rumah masing-masing. Para siswa-siswi SMK sudah dibekali oleh sekolah agar siap bekerja,” kata Dadang Aries Bintoro.

Disisi lain, Kepala Sekolah SMKN 1 Panji, Anik Sudiarti mengaku sangat bersyukur dengan adanya sosialisasi penyediaan informasi pasar kerja online yang digagas Disnaker Kabupaten Situbondo. Sebab kegiatan ini bisa menambah wawasan dan motivasi kepada alumni dan siswa-siswi SMKN 1 Panji terutama terkait informasi peluang kerja yang terpercaya dari Disnaker. Apalagi saat ini, SMKN 1 Panji telah membekali siswa-siswi dengan hard skill dan soft skill.

“Ya kami kini terus melatih keterampilan hard skill melalui pembelajaran yang bersifat project. Selain itu kami juga memberikan keterampilan soft skill agar karakter siswa-siswi terbentuk., Kegiatan ini menjadi modal utama bagi siswa siswi untuk meraih masa depan yang gemilang. Kegiatan informasi pasar kerja online yang diberikan oleh Dinas Ketenagakerjaan tidak hanya dalam negeri saja, namun juga memberikan informasi tentang pasar kerja dunia,” pungkas mantan Kepala SMKPP Tegal Ampel Bondowoso itu. [awi.bb]

Tags: