Disperta Situbondo – TNI Kompak Tingkatkan Swasembada Pangan

6-FOTO KAKI awi-tani TNI (1)Situbondo, Bhirawa
Awal tahun 2015, menjadi momen awal yang baik bagi pemerintahan Joko Widodo untuk mensukseskan peningkatan swasembada pangan ditanah air. Agar program itu sukses, Presiden asal PDIP itu tidak tanggung-tanggung mencetuskan ide briliannya.
Salah satunya, dengan menggandeng jajaran TNI mulai kalangan pusat hingga tingkat Koramil di seluruh Indonesia. Pagi kemarin (13/1) giliran Kodim 0823 Situbondo bersama Dinas Pertanian sertan Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKPPP) Kabupaten Situbondo merealisasikan program tersebut.
Kepala Dinas Pertanian Agus Fauzi, mengatakan, pihaknya bersama TNI dan instansi terkait berkomitmen untuk meningkatkan produksi padi dalam rangka mendukung swasembada pangan di Kabupaten Situbondo dan kawasan regional serta nasional. “Ini sesuai dengan amanat Presiden Jokowi yang meminta agar persoalan swasembada pangan yang meliputi padi, jagung serta kedelai bisa diatasi dalam waktu 3 tahun kedepan,” tegas Agus Fauzi.
Presiden Jokowi, kata Agus Fauzi, juga menginstruksikan kedepan agar tidak ada lagi aktivitas impor komoditas pangan di Indonesia. Oleh karena itu, sambung mantan Kepala Kantor Lingkungan Hidup itu, agar program itu tercapai tepat sasaran, Presiden Jokowi meminta untuk segera merangkul jajaran TNI. “Sebelumnya di tingkat Jawa Timur, Pemprov melalui Dinas Pertanian bersama Pangdam V Brawijaya sudah melakukan pertemuan bersama seluruh jajaran Dinas Pertanian, guna membahas tehnis dilapangan,” tegas Agus Fauzi.
Langkah lain yang akan dilakukan Dinas Pertanian agar program swasembada pangan bisa terwujud, kata Agus, pihaknya akan meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dari angka 1,3 menjadi lebih tinggi lagi. “Cara yang ideal tentunya dengan menyiapkan ketersediaan stock pupuk dan pengairan bagi lahan pertanian milik petani. Sehingga kebutuhan mereka bisa tercukupi dengan baik. Ini merupakan tugas bersama, mulai Dinas Pertanian, BKPPP, TNI serta instansi terkait,” ungkap mantan Kabag Kesra itu.
Di sisi lain, Dandim 0823 Situbondo, Letkol Arm, Soegeng Riadi menandaskan kesiapannya melaksankan instruksi Presiden RI, melalui KASAD dan Pangdam V Brawijaya, agar program swasembada pangan berhasil dengan maksimal.
Instruksi itu sangat sepadan, imbuh Dandim, sebab di lembaga TNI juga ada program untuk peningkatan pangan bersama petani. “Agar ini berhasil baik, kami berencana nanti akan menyalurkan bantuan 27 mesin pompa air. Ini sesuai dengan kebutuhan petani saat musim kekeringan melanda Situbondo,” pungkas Dandim Soegeng Riadi.
Pihaknya, urai Dandim Soegeng lag, akan mengerahkan jajaran TNI mulai tingkat Kabupaten hingga Koramil serta jajaran Babinsa dalam ikut mensukseskan peningkatan swasembada pangan dan hasil pertanian di Situbondo. “Termasuk diantaranya ikut membantu melancarkan ketersediaan pupuk bagi petani dan kecukupan air bagi tiga komoditas tanaman yakni padi, kedelai dan jagung,” pungkas Dandim Soegeng. [awi]

Keterangan Foto : Kepala Dinas Pertanian Agus Fauzi, Dandim Soegeng Riadi dan Asisten II Setkab Akhmad Sugiarto saat jumpa pers soal penguatan produksi pertanian dan swasembada pangan, kemarin. [sawawi/bhirawa].

Tags: