Dispora Gelar Lomba Senam Jula-Juli

 Sosialisasi Senam Komando Jula Juli yang diikuti oleh 200 peserta pada Haornas 2013. [wawan triyanto/bhirawa]

Sosialisasi Senam Komando Jula Juli yang diikuti oleh 200 peserta pada Haornas 2013. [wawan triyanto/bhirawa]

(Peringati HUT Kartini)
Surabaya, Bhirawa
Dinas Kepemudaan dan Keolahrgaan (Dispora) Jatim kembali menggelar lomba senam untuk kategori umum maupun khusus Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada 29-30 April di Cito Surabaya. Kali ini lomba gerakan senam yang dilombakan adalah Senam Komando Jula Juli dan SKJ 2012. Kegiatan ini untuk memperingati Hari Kartini.
Menurut Kepala Dispora Jatim, Dr Sugeng Riyono, kegiatan senam ini untuk memasyarakatkan olahraga terutama di kalangan kaum perempuan. Apalagi kegiatan senam saat ini juga sudah marak di seluruh daerah.
Bahkan saat ini juga tumbuh organisasi senam di kalangan masyarakat. “Kita bisa lihat tiap minggu selalu ada kegiatan senam dan ini sangat bagus untuk memasalkan olahraga terutama dikalangan perempuan,” kata Sugeng Riyono, Senin (14/4).
Seperti diketahui, Senam Komando Jula Juli diciptakan oleh Ny Nina Soekarwo yang juga istri Gubernur Jatim Soekarwo. Kemudian Dispora memasalkan dan mengenalkan senam tersebut ke seluruh daerah di Jatim.
Animo masyarakat untuk mempelajari senam Jula-Juli juga cukup tinggi, terbukti pada puncak acara Haornas 2013 di Kampus C Unair, ratusan penggemar senam melakukan Senam Jula Juli dipadu dengan senam komando yang dilakukaan anggota TNI.
Gerakan senam Komando Jula Juli cukup atraktih, gerakannya menggabungkan tari remo, banyuwangi dan pencak silat yang dirangkai dengan gerakan senam. “Gerakan senam itu sangat dinamis. Senam Komando Jula-Juli menggabungkan budaya tari dan olahraga pencak silat,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Olahraga Rekreasi, Abd. Haris Ramadhan, menjelaskan, untuk sementara sudah ada 60 regu umum dan 10 regu dari SKPD yang mendaftar. Jumlah tersebut bisa bertambahkan menjelang pelaksanaan lomba. “Biasanya menjelang hari H, jumlah peserta semakin banyak,” katanya. [wwn]

Rate this article!
Tags: