Dispora Jatim Gelar Seleksi PPAN Secara Online

Seluruh Tahapan seleksi PPAN dilakukan secara online.

Dispora, Bhirawa
Ditengah pandemi Covid-19 ternyata tidak menyurutkan animo pemuda untuk mengikuti seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) yang digelar oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Jatim bersama Purna Caraka Muda Indonesia. Terbutki lebih dari 200 peserta mengikuti seleksi program tersebut.
Hanya saja untuk tahun ini, semua tahapan seleksi dilakukan melalui online dengan memanfaatkan aplikasi google form dan sarana web Dispora Jatim serta media sosial Instagram dan Facebook sebagai sarana sosialisasi program dan beragam informasi penting lainnya terkait seleksi calon peserta PPAN tahun 2020.
Calon peserta tetap dapat melakukan pendaftaran dan mengunggah berkas/dokumen yang dibutuhkan. Sedangkan untuk seleksi yang membutuhkan tatap muka seperti wawancara atau presentasi/diskusi menggunakan aplikasi Google Meet / Hangouts Meet.
Tahap seleksi tertulis yang sudah digelar pada 12 April, demikian juga dengan wawancara 18-19 April dan 25-26 April. “Semua tahapan seleksi melalui online,” kata Kadispora Jatim, Supratomo saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Rabu (29/4).
Lebih lanjut Supratomo menjelaskan, proses penyusunan materi, baik materi tes potensi akademik dan materi wawancara/diskusi deep interview, melibatkan para alumni program PPAN yang tergabung dalam organisasi PCMI dengan background disiplin ilmu serta komptensi yang beragam.
Yang saat ini tersebar di berbagai negara antara lain Jerman, Amerika, Australia termasuk beberapa alumni yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia.
Untuk tahun ini kegiatan seleksi PPAN tahun 2020 mengusung tema POLARIS, merupakan bintang paling terang di gugus langit utara. POLARIS selalu diandalkan oleh para pelaut untuk menuntun mereka pulang kembali.
“Melalui definisi tema POLARIS tersebut kami berharap program PPAN tahun 2020 mampu menemukan sosok pemuda yang dapat menjadi penunjuk arah bagi siapapun, sosok yang dapat berkolaborasi demi kebaikan bersama,” papar Supratomo.
Tahun ini Provinsi Jawa Timur mendapatkan kuota program pertukaran pemuda Indonesia Korea Selatan, indonesia Australia, Kapal Pemuda Jepang-Asean dan tambahan program pertukaran pemuda dari pemerintah provinsi Jatim dengan Australia Barat. [wwn]

Tags: