Distribusi Logistik Pemilu di Lamongan Ditargetkan Tuntas Hari Ini

Pendistribusian Logistik Pemilu di Lamongan ditargetkan tuntas hari ini. [alimun hakim/bhirawa]

Lamongan, Bhirawa.
Distribusi Logistik Pemilu 2024 telah diberangkatkan dan sudah memasuki hari kedua Minggu (11/2). Komisi Pemilihan Umum Kab. Lamongan memastikan Senin (12/2) sudah fix 100 % ready alias terdistribusikan dan siap dalam hal pelaksanaan coblosan Tahun 2024 ini.

Ketua KPU Lamongan, Makhrus Ali mengungkapkan, Alhamdulillah Sudah fix 97% . Hari ini tadi pendistribusian logistik di hari ke-2 dan kloter pertama tadi jam 9 sekarang kloter ke 2 sudah diberangkatkan.

“Kami menargetkan besok (Hari ini, red) sudah tuntas. Jadi durasinya yang kita perkirakan pas. Kita mulai tgl 10dan tuntas pada tanggal 12 Februari,” ujar Makrus, Minggu (11/2).

Setelah itu, masih Makhrus, hari selanjutnya dapat dilakukan untuk menyalurkan ke desa atau TPS masing-masing. Ia merinci, Pada pemilu 2024 ini ada 5 kotak suara. Jadi untuk jumlah totalnya ialah 5 dikalikan 4.153 (Jumlah TPS) yakni 20.765 kotak.

Sedangkan, Pemkab melalui Bupati Lamongan menghimbau seluruh jajaran KPU, Polri, TNI, dan instansi terkait untuk memperketat monitoring.

Hal itu tidak lain untuk menjamin keamanan dan ketertiban dalam pendistribusian logistik pemilu. “Alhamdulillah persiapan kita menyamput pesta demokrasi sudah menapaki tahap pendistribusian logistik pemilu. Saya menekankan monitoring harus diperketat untuk menjamin keamanan dan ketertiban sampai tujuan,” tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Pemerintah Kabupaten Lamongan tetap memprioritaskan keamanan tempat pemilihan suara, terutama pada wilayah yang berpotensi terdampak banjir.

“Pemkab Lamongan meminta KPU untuk selalu melakukan pengawasan tentang keamanan TPS agar masyarakat dapat melakukan pemungutan suara dengan aman. Karena saat ini memasuki puncak musim penghujan yang rawan terjadi bencana alam,” terangnya

Pak Yes mengajak masyarakat untuk tetap berpartisipasi menyuarakan hak pilih. Selain agar dapat menggunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin yang akan membawa masa depan bangsa, juga untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih di Kabupaten Lamongan.

Dilaporkan oleh Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Lamongan AKBP Bobby Adimas Candra Putra di Kabupaten Lamongan terpantau aman dari kriminalitas dan dampak dari curah hujan yang tinggi. Karena menurut laporan dari Kapolsek masing-masing, seluruh TPS masih dapat difungsikan. [aha.dre]

Tags: