Distribusikan 15 Ribu Liter Air Bersih ke Gili Ketapang

PDAM Kabupaten Proboilnggo memasok air bersih ke Pulau Gili dengan menggunakan kapal laut. [wiwit agus pribadi]

Saluran Pipa PDAM Putus
Probolinggo, Bhirawa
Putusnya saluran pipa PDAM di Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, membuat pasokan air bersih ke pulau itu terhenti. PDAM pun menyalurkan air bersih secara manual tiap hari. Setiap hari, 10 ribu – 15 ribu liter air dikirimkan ke Pulau Gili. Penyaluran air bersih itu dilakukan melalui jalur darat dan laut.
Air lebih dulu diangkut menggunakan truk tangki PDAM lewat jalur darat sampai di Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo. Kemudian air dimasukkan ke drum dan galon di kapal penyeberangan yang sudah menunggu di dermaga.
Tiba di Pulau Gili, air itu lantas didistribusikan ke warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Kondisi itu membuat warga Gili pun berebut air bersih.
Kaur Kesra Desa Gili Ketapang Solehudin, mengatakan, PDAM memang memasok air bersih untuk warganya setiap hari. Hal itu dilakukan sejak pipa bawah laut PDAM yang mengalirkan air bersih ke Pulau Gili putus. Setiap hari, ada truk tangki yang mengirimkan air bersih lewat kapal penyeberangan. “Alhamdulillah Pak Haji Badrun bersedia secara sukarela mengangkut air bersih menggunakan kapal penyeberangan miliknya,” katanya, Senin (15/2).
Memang pasokan air itu menurutnya tidak dapat mengurangi krisis air bersih di Pulau Gili. Sebab, jumlah warganya sangat padat. Sekitar 9 ribu orang. “Tapi setidaknya ada air bersih yang datang tiap hari. Sebab, air bersih ini menjadi sumber kehidupan. Makanya warga berebut air bersih saat kapal Haji Badrun datang,” ujarnya.
Solehudin berharap perbaikan saluran pipa dapat segera ditangani. Sehingga, warga kembali mendapatkan pasokan air bersih. Sebab, putusnya saluran pipa PDAM itu tidak hanya memberikan dampak sosial. Namun juga berdampak pada perekonomian warga Gili.
Saat ini banyak warga yang enggan melakukan aktivitas di luar rumah. Termasuk melakukan aktivitas ekonomi. “Jadi semoga segera pulih. Soalnya baru beberapa hari dampaknya luar biasa. Mengingat air merupakan sumber kehidupan,” lanjutnya.
Direktur PDAM Kabupaten Probolinggo Ghandi Hartoyo, membenarkan pasokan air bersih ke Pulau Gili terhenti. Sejak 5 Februari pihaknya memasok air bersih ke Pulau Gili tiap hari. Jumlahnya 10 ribu – 15 ribu liter. Harapannya, pasokan air bersih itu dapat mengurangi beban warga yang terdampak akibat saluran pipa bawah laut PDAM putus.
Di sisi lain, menurut Gandhi, perbaikan pipa yang putus terhenti sementara. Sebab, berdasarkan hasil observasi, ternyata clamp atau penyambung pipa tidak cocok. Selain itu, dibutuhkan 6 clamp untuk perbaikan itu.
“Parahnya kondisi pipa jauh di luar perkiraan kami. Hari Jumat peralatan tersebut baru datang dan hari Sabtu semoga sudah bisa disambung”, tandasnya.
Sejak Jumat (29/1) air PDAM yang mengalir ke Pulau Gili mati total. Setelah dicek, pipa diduga pipa PDAM di bawah laut putus. Dugaan itu diperkuat dengan adanya temuan pipa PDAM yang mengambang di laut, Sabtu (30/1) pagi. Diduga pipa tersebut putus akibat terkena jangkar kapal tangker yang terseret arus hingga ke tepi pantai. Wap
Perbaikan saluran pipa ke Gili yang terputus di dasar laut terus dilakukan. Sabtu (13/2) pagi, petugas PDAM kembali melakukan penyelaman untuk repair clamp. Rencananya, Minggu ini (14/2) dilakukan uji coba penyaluran air ke Gili, ungkapnya
Gandhi Hartoyo menjelaskan, pemasangan clamp untuk mengatasi pipa yang terputus di dasar laut itu, melibatkan pihak ketiga. Sebelumya, clamp yang disediakan ukurannya kurang pas. Walhasil, perlu dilakukan repair. “Mohon doanya hari ini dimulai pemasangan repair clamp di Gili. Semoga semua berjalan lancar tanpa ada kendala berarti, amin,” kata Gandhi.
Menurutnya, jika pemasangannya tak ada kendala, maka Minggu (14/2) pagi sudah bisa dilakukan uji coba. Begitu selesai penyambungan langsung uji coba. Selain itu, petugas tetap menyalurkan air bersih ke pulau Gili. Penyaluran air bersih 10 ribu hingga 15 ribu liter itu terus akan dilakukan hingga saluran air benar-benar bisa difungsikan. “Untuk pasokan air bersih, tetap ada sampai saluran pipanya tersambung dan tak ada kendala,” tandasnya. [wap]

Tags: